Jamaah Haji Gunungkidul Diberangkatkan

oleh -
Ilustrasi. gambar: istimewa.
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Sebanyak 281 calon haji asal Kabupaten Gunungkidul dilepas oleh Bupati Gunungkidul Hj. Badingah S.Sos, di halaman Masjid Al-Iklas, Wonosari, menuju Asrma Haji Moyudan, Solo Kamis (11/9/2014) pagi.
Pelepasan jamaah calon haji dihadiri Muspida dan jajaran dari Kantor Kementerian Agama Gunungkidul, serta ribuan keluarga jamaah yang datang untuk mengantarkan sanak saudaranya hingga memadati halaman Masjid Al-Ikhlas.
Kepala Kantor Kementerian Agama Gunungkidul Drs.H. Nur Abadi MPdi mengatakan, 281 calon haji Gunungkidul akan tergabung dalam kloter 28, Embarkasi Adi Sumarmo Solo yang pemberangkatannya akan dilakukan dari bandara Adisumarmo Solo.
“Rencanaya, jamaah kloter 28 ini akan diterbangkan Jumat (12/9) besok pukul 8.30 WIB, menuju Arab Saudi,” katanya.
Menurutnya, sebanyak 281 orang calon jamaah haji asal Gunungkidul saat dilepas semuanya dalam keadaan sehat, karena sebelumnya pengecekan kesehatan dan pemberian vaksin sudah dilaksanakan. Jamaah haji termuda diketahui berusia 28 tahun atas nama Octa Prihatining Tyas, sedangkan  jamaah haji tertua berumur 86 tahun atas nama Ngatinem Noyo Dikromo.
Saat tiba di Arab Saudi, kata Nur Abadi, jamaah kloter 28 ini akan menempati pemondokan di wilayah Abudabi. Nomor rumah C 05, jamaah akan kembali melalukan cek kesehatan dan imigrasi sebelum melaksanakan serangkaian ibadah haji.
Sementara itu, Bupati Gunungkidul Hj. Badingah SSos sebelum melepas keberangkatan jamaah mengingatkan agar jamaah terus menjaga kesehatan. Sehingga dapat melaksanakan berbagai rukun wajib dan sunah haji. Dia juga berpesan agar tetap menjaga kekompakan antar jamaah. “Jangan lupa doakan agar yang belum haji bisa berangkat haji,” ucap Badingah.
Dari data Penyelenggaraan Haji Gunungkidul tahun 2014, 281 jamaah terdiri dari 141 laki-laki dan 140 jamaah perempuan. Dari data jamaah berdasarkan pekerjaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih mendominasi calon jamaah haji yang diberangkatkan yakni 140 orang, TNI Polri 2 orang, BUMN 3 orang, Swasta 15 orang,Pedagang 34 orang, Petani 16 orang, Ibu Rumah Tangga 23 orang, lain-lain 48 orang. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar