RS Nur Rohmah Gelar Pengobatan Gratis

oleh -
iklan dispar

GEDANGSARI, (KH) — Rumah Sakit Nur Rohmah, Bandung, Playen, Gunungkidul menggelar pengobatan gratis di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Sabtu (18/10/2104). Antusias masyarakat cukup tinggi, hingga sebelum acara dimulai mereka telah mengantri di tempat pendaftaran yang disediakan panitia.
Humas Rumah Sakit Nur Rohmah, Wahyu Hidayat mengatakan, bakti sosial pengobatan gratis ini sebagai bentuk nyata pengabdian RS. Nur Rohmah kepada masyarakat. Rumah sakit tipe D ini berkomitmen memberikan manfaat dengan mengedepankan pelayanan terbaik guna menjadikan manusia yang sehat.
“Dengan acara ini kita berharap kedekatan antara RS Nur Rohmah dengan masyarakat bisa terwujud, acara pengobatan gratis ini kita gelar setiap tiga bulan sekali di seluruh pelosok Gunungkidul,” kata Wahyu, saat ditemui di Balai Desa Ngalang seusai membuka acara.
Sementara itu, dr. Sukma, salah satu dokter yang bertugas di RS. Nur Rohmah mengatakan, pemeriksaan kesehatan meliputi cek tekanan darah serta cek gula darah. Bagi pasien yang memiliki potensi gula darah tinggi dilakukan uji laboratorium yang telah disediakan oleh pihak RS. Nur Rohmah.
“Para pasien yang sudah kita periksa, kita diagnosa kemudian diberikan obat secara gratis. Ada sekitar 150 warga yang mengikuti acara ini, 75 persen merupakan lanjut usia, sisanya anak-anak dan remaja,” ucapnya.Dia menambahkan, dalam pemeriksaan gratis tersebut, RS. Nur Rohmah juga menyediakan pelayanan bedah minor atau operasi ringan. Layanan tersebut belum sepenuhnya dimengerti oleh para pasien,
sehingga hanya ada 2 orang yang mendapat penanganan bedah minor.”Mereka masih merasa asing dengan operasi yang dilakukan pada saat pengobatan gratis. Masalah persendian atau yang lebih kita kenal dengan penyakit reumatik menjadi keluhan terbanyak dari pasien. Meskipun disini tidak dipungut biasa (gratis), namun pelayanan yang kita berikan tetap sama seperti yang kita berikan di rumah sakit,” tegas dr. Sukma.
Dalam kesempatan tersebut, RS Nur Rohmah tidak hanya memberikan pengobatan gratis, 2 dokter RS. Nur Rohmah yang bertugas, juga memberikan edukasi hidup sehat kepada warga yang hadir. Mereka diajak menjaga kesehatan dengan menanamkan pola hidup sehat dan tidak meninggalkan olahraga.
Terpisah, Kepala Desa Ngalang, Ngaderi berharap, upaya pendekatan RS Nur Rohmah kepada masyarakat diharapkan dapat menumbuhkan ikatan batin di masyarakat. Pihaknya menyambut baik acara tersebut. Pengobatan gratis ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat.
“Saya sangat berterimakasih kepada pihak RS Nur Rohmah, semoga kegiatan serupa dapat kembali digelar ditahun-tahun berikutnya,” Pungkasnya.(Juju/Tty)

Komentar

Komentar