Ribuan Botol Miras Kembali Dimusnahkan

oleh -
Pemusnahan Miras. Foto : Juju.
iklan dispar
Pemusnahan Miras. Foto : Juju.
Pemusnahan Miras. Foto : Juju.

WONOSARI,(KH)—Barang bukti yang telah mempunyai kekuatan hukum berupa ribuan botol minuman keras (miras) dan narkoba dimusnahkan jajaran Polres Gunungkidul di halaman Mapolres setempat, Selasa (30/12/2014).

Kapolres Gunungkidul, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Faried Zulkarnaen mengatakan, sebanyak 1788 botol miras berbagai jenis yang dimusnahkan merupakan hasil razia cipta kondisi (cipkon) yang dilakukan selama kurang lebih 2 bulan.

Dengan menggunakan stoomwalls, ribuan minuman keras yang sudah ditempatkan dalam tempat tertentu kemudian dimusnahkan. Dari ribuan miras yang dimusnahkan, diketahui paling banyak adalah jenis ciu yang merupakan produk miras dari daerah Bekonang, Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Jumlah miras hasil sitaan di Kabupaten Gunungkidul tidak sebanyak di Kabupaten lain. Paling banyak ciu, meski ada berbagai jenis minuman keras merk luar negeri,”kata Faried usai menghadiri pemusnahan miras di Mapolres Gunungkidul.

Faried menjelaskan, selain minuman keras berbagai jenis, narkotika juga dimusnahkan dengan cara dibakar. Diantaranya ganja kering, ranting ganja yang disisipkan dalam rokok, dan kertas paper merk smooth Raja Mas, yang biasa digunakan untuk menghisap ganja dengan jumlah puluhan gram.

Pemusnahan ini diharapkan dapat mengurangi peredaran miras dan barang terlarang dan narkotika menjelang pergantian tahun baru 2015. “Semarak pergantian tahun baru kita harapkan dapat dirayakan tanpa alkohol dan narkotika,”tambah kapolres.

Dalam kesempatan tersebut Faried berharap kepada masyarakat untuk ikut membantu mengawasi peredaran miras di Gunungkidul. Masyarakat diharapkan memberikan informasi kepada kepolisian jika menemukan peredaran miras.

“Dukungan masyarakat dalam mengawasi peredaran miras sangat kita harapkan, jangan takut untuk melapor jika menemukan peredaran miras yang ada di tengah masyarakat,”ucapnya.

Untuk mengantisipasi peredaran miras pada pergantian tahun baru, pihak kepolisian akan mengintensifkan razia di berbagai kawasan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya dampak yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan minuman keras dan narkotika.

“Razia akan terus kita giatkan karena ternyata peredaran miras jenis ciu kita ketahui berkembang di beberapa kecamatan seperti Gedangsari, Purwosari dan Girisubo,”ulasnya.

Dia menjelaskan, dari penyelidikan yang dilakukan polisi, sudah ada korban yang meninggal akibat miras oplosan. Salah satu warga di Gedangsari meninggal dunia karena menenggak miras yang dicampur dengan bahan kimia lainnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Wonosari , Sigit Kristiyanto menambahkan, sebelum pemusnahan dilakukan, pemilik barang haram tersebut sudah diproses melalui hukum yang berlaku. (Juju)

Komentar

Komentar