Ratusan Ribu Wisatawan Berkunjung, Penentuan Target Tinggal Sehari

oleh -
Kepadatan Pantai Baron pada libur Lebaran 2016. KH/ Kandar
kadhung tresno
Kepadatan Pantai Baron pada libur Lebaran 2016. KH/ Kandar
Kepadatan Pantai Baron pada libur Lebaran 2016. KH/ Kandar

WONOSARI, (KH)— Libur Lebaran tahun ini ratusan ribu wisatawan kunjungi sejumlah destinasi wisata di Gunungkidul. Data jumlah sementara yang ada belum mencapai target yang di patok oleh Pemkab, sedangkan penghitungan terakhir libur Lebaran tinggal satu hari lagi.

Disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwiasta (Disbudpar) Gununglidul, Hary Sukmono, hingga hari, Selasa, (12/7/2016) tota kunjungan yang melalui pos retribusi mencapai 247.293 wisatawan.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar wisatawan memilih pantai sebagai lokasi liburan. Prosentase kunjungan Pantai selatan mencapai 80 persen dari jumlah keseluruhan.

“Sedangkan asumsi saya untuk wisatawam yang datang tidak terpantau di retribusi,atau  non retribusi jumlahnya mencapai 40 persen, besok merupakan batas penghitungan kita untuk target kunjungan libur Lebaran ini” Kata Hari, Rabu, (13/7/206).

Lanjut dia, memang benar  jika dilihat kunjungan wisatawan mengalami penurunan hampir disemua destinasi wisata.  Namun, ia menilai penurunan tidak begitu signifikan.

Seperti halnya di destinasi wisata minat khusus unggulan Gunugkidul, Goa Pindul, pada liburan tahun ini juga mengalami penurunan kunjungan, berdasar penuturan Wasiyanto, salah satu tim petugas retribusi (bendahara) mengungkapkan, jumlah perolehan uang melalui retribusi selama tiga hari kunjungan masing-masing sejak Sabtu, (13/7) hingga Senin, (11/7) terdapat selisih jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Sabtu mendapat Rp. 26 juta, Minggu memperoleh Rp. 21,6 juta sedangkan Senin masuk sebanyak Rp. 19,2 juta. Rata-rata selisih Rp. 5 juta jika dibandingkan tahun lalu,” rinci Wasiyanto.

Atau dalam hitungan jumlah kunjungan, sebagaimana ditambahkan Hary Sukmono, apabila tahun lalu kunjungan Pindul mencapai 17.818 wisatawan, sedangkan tahun ini ada 15.386 wisatawan dengan menyisakan satu haru kunjungan belum terhitung. (Kandar)

Komentar

Komentar