Ratusan Ribu Penonton Kagum Dengan Atraksi The Jupiters dan Terjun Payung

oleh -
The Jupiters saat melakukan Aerobatic Show di puncak JIAS 2017 di Pantai Depok Bantul.
iklan dispar
The Jupiters saat melakukan Aerobatic Show di puncak JIAS 2017 di Pantai Depok Bantul. foto: Kapentak Lanud Adi Sutjipto.

BANTUL, (KH)— Minggu (30/4/2017) digelar lanjutan Jogja International Air Show (JIAS) 2017 di Pantai Depok, kawasan wisata Parangtritis, Bantul. Gelaran ini merupakan puncak acara JIAS 2017. Diperkirakan sekitar ratusan ribu orang menyaksikan acara tahunan yang digelar TNI AU ini.

Ratusan ribu masyarakat Jogja dan wisatawan berbondong-bondong unktuk menyaksikan berbagai kegiatan kedirgantaraan. The Jupiters dan Terjun Payung Mancanegara menjadi favorit pada event tersebut.

Komandan Lanud Adisutjipto Ir. Novyan Samyoga, M.M menyampaikan, JIAS 2017 untuk memperkenalkan kedirgantaraan kepada masyarakat dan mempromosikan pariwisata di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta. JIAS 2017 merupakan event yang pertama kalinya ditampilkan di seluruh kabupaten dan kota di DIY.

Menurut Danlanud, seluruh kegiatan JIAS ini bersinergi dengan program yang diselenggarakan Pemerintah baik pada sektor ekonomi maupun sektor Kebudayaan, kesenian, dan yang lebih utama adalah sektor Pariwisata.

JIAS 2017 yang bertaraf Internasional kali ini mendapat apresiasi sekaligus dikagumi oleh penonton atau masyarakat. Masyarakat yang memadati area terpesona saat menyaksikan manuver Aerobatik dari The Jupiters. Selain itu masyarakat dibuat kagum dengan atraksi-atraksi puluhan penerjun professional dari berbagai penjuru dunia.

Lebih lanjut Danlanud menambahkan, tercatat ada 62 atlet dari 18 negara yang turut serta dalam penerjunan, hal ini dicatat sebagai penerjunan paling meriah. Tidak saja dari negeri sendiri tapi dari 18 manca negara diantaranya; USA,  Rusia, Norwegia, Canada, Malaysia, Thailand, Korsel, China, Philipina, Italy, Perancis, German, Irlandia, Belgia, UAE, Belanda, Finlandia, dan Singapura.

Sementara Kadisops Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah selaku Ketua Panitia menambahkan, rangkaian acara puncak dari JIAS 2017 diantaranya diisi dengan kegiatan penerbangan massal Chuk Glider, Solo Aerobatic Pitts 2C, dan dilanjutkan dengan pengumuman Lomba. Terdapat pula Terjun Payung, Mass Jump dan Big Formation,  Terbang lintas Microlight, Terbang Lintas Para motor dan Jupiter Aerobatic Show, dilanjutkan dengan Pentas seni dan Aeromodelling.

“Sedikitnya ada 19 Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dari sejumlah daerah yang menyatakan ikut berpartisipasi pada event dirgantara yang cukup bergengsi dan bertaraf Internasional ini,” papar Kadisops. (Kandar)

Komentar

Komentar