Ratusan Mahasiswa UGM Kuliah Lapangan di Gunungkidul

oleh -
iklan dispar

SAPTOSARI, kabarhandayani.– Sebanyak 209 Mahasiswa semester 2 akhir Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada (UGM) mengadakan Kuliah Lapangan (KL) di beberapa obyek yang relevan dengan materi kuliahnya.

Kamis Siang (26/06/2014) bersama 9 dosen mereka berhenti di ruas jalan Padukuhan Karang, Desa Jetis, Kecamatan Saptosari mengamati pegunungan Karts.

Disampaikan Junun salah satu Dosen pengampu menjelaskan, Mahasiswanya akan dibimbing mengenai materi Komponen Lingkungan, yang meliputi aspek fisik dan sosial, seperti; batu, air, tanah, serta perlakuan sebagai kearifan lokal masyarakat terhadapnya (aspek fisik).“Nanti kita akan berhenti di beberapa titik, di Telaga Namberan, kawasan suaka marga satwa paliyan, dan lembah Ngingrong,” ujarnya.

Junun menambahkan, dijelaskan pula kepada mahasiswa bahwa Kabupaten Gunungkidul merupakan zona selatan Pulau Jawa menurut pembagian fisiografi, di mana terdapat pegunungan seribu sehingga perlu disampaikan ke mahasiswa untuk menambah  terkait dengan jurusannya, kegiatan yang dilaksanakan rutin tiap tahun tersebut kali ini menggunakan 6 armada bus untuk berkeliling.

Sambil mendengarkan penjelasan dari Dosen sesekali ratusan mahasiswa tersebut memutar kepala seakan takjub memandangi hamparan bukit karts yang mungkin belum pernah mereka temui sebelumnya. (Kandar/Hfs)

Komentar

Komentar