Puluhan Peternak Kambing Etawa “Angon Bareng” di Getas

oleh -
Kambing otawa
iklan dispar
Kambing otawa
Kambing otawa

WONOSARI, (KH) — Puluhan peternak kambing jenis etawa hari ini berkumpul di Padukuhan Tanjung, Desa Getas, Kecamatan Playen, Sabtu (12/09). Acara yang juga melibatkan Dinas Peternakan ini diberi nama “angon bareng” dan digelar oleh masyarakat setempat yang tergabung dalam Kelompok Peternak Rejo Koyo. Sejumlah peternak memanfaatkan acara ini untuk berkonsultasi dengan Dinas Peternakan mengenai berbagai permasalahan terkait hewan ternaknya.

Ketua kelompok Rejo Koyo desa Getas,Wagiman, menjelaskan, ada puluhan ekor kambing etawa yang ikut dalam acara ini. Selain bisa berkonsultasi terkait kesulitan dalam beternak kambing jenis etawa, kambing peliharaan mereka juga diberi obat cacing oleh Dinas Peternakan.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul, Krisna Berlian, menjelaskan, jenis kambing etawa saat ini dibudidayakan di beberapa lokasi, seperti Patuk, Playen dan Semin. Hal ini lantaran sebagian peternak enggan mengambil resiko sulitnya beternak etawa.

”Kalau semakin banyak para peternak etawa, kita akan merencanakan diadakannya kontes kambing etawa,” jelasnya.

Menurut Krisna, Kabupaten Gunungkidul terkenal sebagai daerah yang banyak dengan peternak dengan kualitas hewan terbaik di daerah Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya warga yang berani mengirimkan hewannya hingga luar daerah

“Bahkan, pihaknya menaruh harapan untuk Kabupaten Gunungkidul. Ke depannya bisa dijadikan percontohan bagi para peternak etawa di DIY,” pungkasnya. (Maria Dwianjani)

Komentar

Komentar