Puluhan Calon Paskibraka Gunungkidul Bagi-bagi Bunga

oleh -
Anggota Paskibraka membagikan bunga. Foto : KH/Saputra
iklan dispar
Anggota Paskibraka membagikan bunga. Foto : KH/Saputra
Anggota Paskibraka membagikan bunga. Foto : KH/Saputra

WONOSARI, (KH) — Sebanyak 72 anggota Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Gunungkidul pagi ini membagikan puluhan tangkai bunga kepada para pedagang yang berada di Pasar Argosari, Wonosari, Jumat (14/08) pagi.

Kegiatan yang baru kali pertama dilakukan oleh para calon paskibraka ini, digelar dengan maksud memiliki arti, bahwa Paskibra Indonesia harus menyebar keharuman dan contoh di tengah masyarakat. Sebelum menjalankan latihan seperti biasa di lapangan alun-alun Gunungkidul, mereka menyebar dan mengajak berkomunikasi para pedagang. Tak hanya itu, mereka memberikan satu demi satu tangkai bunga jenis mawar kepada para pedagang. Rencananya para Paskibraka tersebut, nanti malam akan dikukuhkan dari yang semula calon Paskibraka menjadi anggota Paskibraka yang akan bertugas pada Upacara HUT RI ke-70 di Alun-Alun Gunungkidul.

Ketua PPI Gunungkidul, Sampah Muhari menjelaskan, 72 anggota yang berasal dari siswa SMA dan SMK tersebut, sudah mulai dikarantina sejak 12 Agustus lalu. Rencananya mereka akan berada di karantina hingga tanggal 18 Agustus usai melaksanakan tugasnya.

“Sudah setiap tahun mereka melakukan kegiatan mengajak berkomunikasi dengan pedagang. Bila memberikan bunga, baru kali pertama ini dilakukan,” ucapnya.

Muhari berharap nantinya para anggota Paskibraka ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik untuk mengibarkan sang merah putih di lapangan Pemkab Gunungkidul. Ia menjelaskan, selain dilatih fisik dan tekhnik pengibaran bendera, para anggota paskibraka juga diharapkan matang di komunikasi sosial dan peka terhadap persoalan di masyarakat. (Saputra)

Komentar

Komentar