Prospek Peluang Kerja Luas, SMK YAPPI Buka Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah

oleh -
Calon peperta didik baru mengikuti tahapan pendaftaran di SMK YAPPI Wonosari. KH
kadhung tresno
Calon peperta didik baru mengikuti tahapan pendaftaran di SMK YAPPI Wonosari. KH
Calon peserta didik baru mengikuti tahapan pendaftaran di SMK YAPPI Wonosari. KH

WONOSARI, (KH)— Tahun Pelajaran kali ini SMK YAPPI Wonosari membuka jurusan atau kompetensi keahlian baru, yakni Perbankan Syariah. Dengan beberapa alasan hal ini sebagai langkah yang diambil pihak sekolah untuk menyiapkan tenaga kerja yang memiliki SDM unggul pada bidang tersebut.

Kepala Sekolah, Drs Mustangid, saat ditemui menyampaikan, selain memiliki peluang di dunia kerja yang terbuka luas, pembukaan Kompetensi Keahlian ini memiliki alasan bahwasannya saat ini masyarakat mulai sadar dalam menjalani berbagai aktivitas kehidupan sepertihalnya kegiatan ekonomi  didasarkan pada norma dan syariat Agama.

“Dapat dilihat BMT semakin menjamur, dan juga Bank  BUMN sekarang orientasinya dalam memberikan layanan keuangan mengarah kepada pola syariah,” ujar Mustangid, Sabtu, (25/6/2016).

Disamping itu, sambung dia, sebagai institusi pendidikan pihaknya memiliki  kewajiban menyadarkan dan mengingatkan masyarakat bahwasanya pola syariah harus betul-betul dijalankan dalam membangun ekonomi yang berkah, berorientasi pada nilai-nilai agama.

“Hal ini juga sebagai rintisan membentengi pola rentenir, riba dan sebagainya. Ini menjadi pilihan jurusan SMK yang dapat dikatakan memiliki standar ganda, tidak hanya sebatas jurusan perbankan umum,” jelas dia.

Dirinya juga menyampaikan, mengenai perangkat pembelajaran seperti misalnya kurikulum sudah disiapkan. Sedangkan ijin operasional/ Surat Keputusan (SK) dari Dinas Pendidikan Propinsi juga sudah dipegang. Kompetensi keahlian baru pada awal tahun pelajaran kali ini SMK YAPPI membuka satu rombongan belajar dengan daya tampung 32 siswa.

Ditambahkan Waka Humas, Endang Utami, SH, mengenai jurusan Perbankan Syariah materi yang diajarkan meliputi akuntasi, perpajakan, manajemen bank, mengelola zakat, infaq, shodaqoh, mengelola laporan keuangan dan lainnya.

“Animo calon siswa cukup baik, hingga hari ini, jurusan baru ini telah ada 17 pendaftar, sementara jurusan lain pada instalasi listrik ada 39 pendaftar, otomotif 175, TIK 70, lalu otomasi industri masuk 23 siswa,” rinci Endang.

Endang menambahkan, SMK YAPPI juga menjadi satu-satunya sekolah di Gunungkidul yang memiliki sertifikasi internasional atau telah bekerjasama dengan vendor perangkat teknologi jaringan mikrotik di Latvia.

“Kami dapat menyelenggarakan ujian bersertifikat internasional, guru kami telah memiliki legalitas sebagai trainer mikrotik. Disamping itu belasan perusahaan telah bekerjasama dengan kami dalam pengadaan tenaga kerja baik dalam negeri dan luar negeri. Siswa baru masih kami tunggu untuk memenuhi daya tampung,” ungkapnya. (Kandar)

Komentar

Komentar