Pramuka Saka Wira Kartika Berkemah di Kodim 0730/GK

oleh -
Kemah Pramuka Saka Wira Kartika Gunungkidul. Foto: Atmaja.
iklan dispar
Kemah Pramuka Saka Wira Kartika Gunungkidul. Foto: Atmaja.
Kemah Pramuka Saka Wira Kartika Gunungkidul. Foto: Atmaja.

WONOSARI,(KH) — Sebanyak 192 anggota Pramuka Saka Wira Kartika yang berasal dari siswa/siswi dari  SMA/SMK se-Kabupaten Gunungkidul mengadakan kegiatan perkemahan di komplek Kodim 0730/Gunungkidul. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun atas kerjasama antara Kodim 0730/GK dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul. Sabtu (9/1/2015).

Pengukuhan Saka Wira Kartika Angkatan ke-7 dimulai pada pukul 13.00 WIB yang dibuka dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0730/GK Letkol ARH Herman Toni. Dalam sambutannya, anggota satuan karya Pramuka tersebut diajak untuk menjadi seorang pramuka tangguh dan lugas.

“Rasa petriotisme kepada bangsa dan senantiasa membantu masyarakat menjadi pedoman anggota Pramuka,” ujar Herman Toni.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah melatih fisik dan mental peserta Pramuka Saka Wira Kartika. Selain itu untuk menambah keterampilan menggunakan seperti tali temali, kompas, dan navigasi darat.

“Pembinaan Saka Wira Kartika dilakukan setiap tahun sekali, dan pada hari ini, Sabtu (9/1) merupakan kegiatan yang ke VII,” ujarnya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa yang duduk dikelas 1 dan 2 dari perwakilan setiap SMA/SMK Kabupaten Gunungkidul. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan dan perkemahan Sabtu/Minggu.

Sementara itu, Ketua Panitia Dinda Trisna Lestari, siswi SMK Negeri 2 Wonosari mengatakan, Pramuka sebagai sarana pengembangan pribadi untuk membentuk anggotanya menjadi seorang yang disiplin, kreatif dan mandiri. “Anggota Pramuka diberi pembinaan langsung oleh anggota Kodim 0730/GK,” ujarnya.

Ia berharap, agar tujuan dari kegiatan tersebut tercapai, dan anggota dapat mendapatkan hal yang berguna dan bermanfaat khususnya dalam hal kepramukaan. “Saka Wira Kartika Kodim 0730/GK juga sering dilibatkan pada kegiatan-kegiatan kemasyarakatan. Seperti pada Lebaran tahun 2014 lalu yang melibatkan anggota Saka Wira Kartika untuk mengatur lalu lintas,” pungkas Dinda. (Atmaja).

Komentar

Komentar