Pol PP Kerahkan 6.022 Hansip Untuk Keamanan Pilkada

oleh -
Ilustrasi
iklan dispar
Ilustrasi
Ilustrasi

WONOSARI, (KH) — Sebanyak 6.022 anggota Pertahanan Sipil (Hansip) akan diterjunkan untuk pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang rencananya akan digelar Desember 2015 mendatang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Gunungkidul, Drs. Agus Hartadi, Kamis (19/3/2015) mengatakan, jumlah tersebut masih akan ditambah dari anggota kepolisian. Ploting pengamanan, setiap Tempat pemungutan suara (TPS) akan dijaga anggota kepolisian dan hansip.

“Untuk pengamanan pilkada mendatang kita anggarkan Rp. 1,9 miliar,” terang Agus di kantornya Kamis Pagi.

Dia menjelaskan, pengamanan juga akan dibantu oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Kodim 0730. Sebanyak 6.022 Hansip yang diterjunkan akan disebar di 1898 TPS, jika jumlah TPS sama dengan pemilu presiden dan legislatif kemarin.

“Jika jumlah TPS sama, berarti butuh 3.998 hansip. Jumlah tersebut ditambah 10 hansip di tiap kantor Pantia Pemungutan Suara (PPS), 30 di Kantor Panitia Pemiilihan Kecamatan (PPK),” katanya.

Lanjut Dia, kantor KPU Gunungkidul akan ditempatkan 50 hansip. Di Kantor PPS; karena ada 144 tempat; petugas hansip yang diterjunkan jumlahnya 1.440 orang. Untuk PPK ada 18 kecamatan, akan disiapkan hansip 540 orang.

“Ini baru gambaran, jika jumlah TPS sama seperti pemilu tahun lalu. Pengamanan nanti akan kita siapakan sesuai dengan jumlah TPS yang ada,” tuturnya. (Juju)

Komentar

Komentar