Pilkades Serentak Berlangsung dengan Aman

oleh -
Foto: Ilustrasi sumber: Internet
iklan dispar
Foto: Ilustrasi sumber: Internet
Foto: Ilustrasi sumber: Internet

WONOSARI, (KH) — Pelaksanaan tahapan pemungutan suara hingga rekapitulasi suara Pilkades 2015 Kabupaten Gunungkidul terpantau aman.

Seperti diungkapkan oleh Kasat Intel Polres Gunungkidul, AKP Edi Purnomo pada Sabtu (23/10), dari pantauan jajarannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades, semua wilayah terpantau aman dan terkendali, Pilkades terlaksana dengan tertib dan nihil konflik.

Walaupun sebelumnya, Ia menyebut ada sejumlah titik lokasi Pilkades 2015 yang rawan gesekan, seperti di antaranya Desa Gari, Wonosari, Desa Bejiharjo, Karangmojo dan Desa Gedangrejo, Karangmojo.

“Memang belum semua laporan masuk kepada kami, namun sebagian besar laporan yang masuk, semua terpantau aman. Selain itu, memang sempat ada konvoi merayakan kemenangan Kepala Desa, itu wajar sebagai bentuk kegembiraan, namun tidak ada insiden,” terangnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil pantauan di lapangan, massa arak-arakan pendukung pemenang Pilkades sudah melakukan konvoi menggunakan motor berkeliling desa bahkan itu terjadi ketika rekapitulasi suara belum selesai dilaksanakan.

Namun, secara umum, Koordinator Linmas, Panitia Pilkades 2015 Bejiharjo, yaitu Juwanto menyebut, pelaksanaan Pilkades di Bejiharjo terlaksana dengan aman, dengan dikawal 10 orang Linmas, dua orang di masing-masing TPS, bersama satuan keamanan dari kepolisian.

Pilkades di Bejiharjo sendiri dimenangkan oleh calon Kepala Desa bernama Yanto dengan perolehan suara 7.010 suara. Mengalahkan calon lain yaitu Satiman yang mendapat 286 suara, dan Sugiyatno yang memiliki 819 suara.

Sedangkan diketahui, ada 12.000-an Daftar Pemilih Tetap (DPT), di 20 TPS.

Di Desa Selang, Pk Kepala Desa Selangm Kirmanto menjelaskan, pada Pilkades 2015 dengan 3.441 DPT, dimenangkan oleh Wardoyo dengan raihan suara 1.256 suara, Sugiyanto 689 suara, dan Sularto 959 suara. Sularto merupakan Kepala Bagian Perekonomian Dan Pembangunan (Kabag Ekobang) di desa tersebut, setelah tidak terpilih menjadi Kepala Desa, sedianya ia akan melanjutkan tugas yang ia pikul sebagai Kabag Ekobang Desa Selang.

Kirmanto juga menegaskan bahwa pelaksanaan Pilkades di Selang, aman dan lancar.

Serupa, Pilkades di Gari, Wonosari yang diprediksi oleh pihak kepolisian cukup rawan, justru berlangsung lancar dan aman. Ketua Panitia Pilkades 2015 Gari, Kadarisman menyebutkan, dengan jumlah 5.235 DPT, Pilkades yang mengusung persaingan antar empat orang calon Kepala Desa, dimenangkan oleh Widodo dengan 1.604 suara, Djumiran 1.283 suara, selanjutnya Tugiyono 1.052 dan Wasgiyono dengan perolehan 444 suara.

Komentar

Komentar