PHRI Berharap Badan Promosi Pariwisata Segera Terbentuk

oleh -
Suasana HUT PHRI di Gedung Serbaguna Siyono, Playen. KH/ Kandar
kadhung tresno
Suasana HUT PHRI di Gedung Serbaguna Siyono, Playen. KH/ Kandar
Suasana HUT PHRI di Gedung Serbaguna Siyono, Playen. KH/ Kandar

PLAYEN, (KH)— Menginjak usia ke -47 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) cabang Gunungkidul bersama Badan Pimpinan Daerah (BPD) PHRI Yogyakarta menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) di Gedung Serba Guna, Siyono, Playen, Gunungkidul, Senin, (29/2/2016).

Ditemui di sela acara, Ketua Panitia Pelaksana peringatan HUT, Slamet mengatakan, sebelum pelaksanaan perayaan, sekitar selama sebulan telah dilakukan serangkaian kegiatan oleh PHRI diantaranya bakti sosial yang menyasar beberapa wilayah di Gunungkidul.

Sementara itu Ketua BPD PHRI DIY,  Istidjab Danunegoro berharap, ke depan PHRI mampu mendongkrak kemajuan pariwisata di DIY khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Pihaknya menyebutkan, salah satu kendala dalam meningkatkan kemajuan pariwisata karena belum memiliki Badan Promosi Pariwisata tingkat Propinsi. Menurutnya, hal ini menjadi salah satu kendala untuk meningkatkan jumlah kunjungan baik wisatawan domestik maupun manca.

“Sudah kita upayakan selama tiga tahun terakhir, tetapi belum berhasil,” ujarnya. Karena sudah diatur dalam undang-undang, lanjutnya, pembentukan Badan Promosi Pariwisata dapat terealisasi.

Disinggung terkait tema peringatan “Meningkatkan Profesionalisme PHRI Untuk Berdaya Saing Di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”, Istidjab mengakui, dalam skala nasional kunjungan wisatawan luar negeri, Indonesia kalah jauh dengan Negara tetangga, diharapkan DIY khususnya agar tetap eksis menjadi daerah tujuan wisatawan manca.

“Kita kalah jauh dengan negara tetangga, Singapura saja sudah 15 juta wisatawan, apalagi Malaysia sudah 24 juta, Thailand ada 20 jutaan. Sedangkan Indonesia tahun kemarin baru 10,5 juta,” ungkapnya. Sedangkan, khusus yang berkunjung ke DIY sendiri ada 300 ribu atau 10% saja dari Pulau Bali.

Bupati Gunungkidul, Badingah dalam sambutan menyampaikan, para pengusaha hotel dan restoran diharapkan dapat bermitra dengan Pemkab untuk memberikan dukungan di dalam pembangunan Gunungkidul. (Kandar)

Komentar

Komentar