Petani Zona Tengah Gunungkidul Mulai Sebar Pupuk Kandang

oleh -
Petani di Gunungkidul sedang menyebar pupuk. KH
iklan dispar

WONOSARI,(KH)–Musim penghujan hampir tiba, sesuai perkiraan BMKG awal musim penghujan di Gunungkidul datang pada pertengahan Bulan November hingga awal Desember 2014. Perkiraan tersebut mulai terbukti, kendati belum keseluruhan hujan telah turun di sejumlah tempat Gunungkidul.

Menurut pantauan KH, beberapa wilayah telah diguyur hujan dengan intensitas rendah hingga sedang, seperti Purwosari, Panggang, dan sebagian wilayah Paliyan. Di tempat lain seperti sebagian Kecamatan Wonosari, Semanu, Patuk dan Gedangsari juga sudah menunjukkan datangnya musim hujan.

Berbeda dengan petani zona selatan Gunungkidul yang telah selesai menebar benih padi beberapa waktu lalu sebelum datangnya hujan, kini giliran Petani di kawasan tengah Kabupaten Gunungkidul memulai aktivitas menyiapkan sawah ataupun ladangnya untuk menyambut musim hujan.

Seperti nampak di ladang pertanian Desa Pulutan, sejumlah petani sedang menebar pupuk kandang.Pupuk tersebut berasal dari ternak kambing dan sapi yang mereka pelihara, hanya sebagian kecil saja petani yang membeli pupuk kompos tersebut.

Sampan, salah satu petani menuturkan, kebutuhan pupuk untuk semua ladangnya mampu tercukupi dari kotoran yang dihasilkan dari sapi-sapi miliknya. Jumlah kebutuhan pupuk bervariasi tergantung luasan petak ladang atau sawah.

“Saya sebar antara 35-40 zak pupuk kandang untuk ladang dengan luas sekitar 600m²,” katanya, Rabu, (5/11/2014).

Sepinya persawahan saat musim kemarau kini berubah mulai ramai oleh petani, hilir mudik mobil bak terbuka pengangkut pupuk mewarnai siang menjelang sore di wilayah itu.(Kandar/Bara).

Komentar

Komentar