Personil Damkar Dilatih Operasikan Mobil Pemadam Baru

oleh -
iklan dispar

WONOSARI,kabarhandayani.— Mobil Pemadam Kebakaran yang dipesan Pemkab Gunungkidul dengan anggaran APBD sebesar 1,7 milyar Ruiah telah sampai di Pemkab Gunungkidul, Kamis (11/9) kemarin. Mobil dengan kapasitas 6000 liter air ini siap beroperasi di Gunungkidul.
Arif, Leader Operasional PT Proktekta Jakarta, saat ditemui di Pemkab Gunungkdul mengatakan, mobil pemadam kebakaran yang dipesan Pemkab semuanya menggunakan sistem elektrik. Dengan berbahan bakar solar, mobil ini mampu menghabiskan 6000 liter air hanya dengan waktu 15 menit.
“Jika dipakai di tengah kota, mobil ini cukup efektif karena mampu menyemprot air hingga 60 bar per menit, dengan RPM maksimal 3500,” kata Arif di depan puluhan anggota Satuan Pemadam Kebakaran Gunungkidul.
Dikatakan, mobil pemadam kebakaran yang dibuat dengan lisensi Jepang ini dilengkapi pompa elektrik yang dipadukan dengan sistem air suspensi. Mobil keluaran Hino ini bahkan mampu menyemprotkan air dalam keadaan berjalan.
Arif menegaskan, mobil bermesin diesel 7700-an cc ini cocok jika digunakan di jalan yang datar, dan kurang maksimal jika digunakan di daerah yang memiliki jalan naik turun. “Mobil ini hanya digunakan untuk membackup. Tetapi juga siap beroperasi jika berada di jalan yang datar. Penggunaan paling tepat ada di tengah kota,” ucapnya.
Dalam kesempatan tersebut Arif menghimbau kepada Satuan Pemadam Kebakaran Gunungkidul untuk mentaati Standar Operasioanal dalam menjalankan mobil, karena butuh koordinasi dari beberapa orang dalam regu agar mobil pemadam baru ini bisa digunakan dengan maksimal.
“Meskipun tidak ada kebakaran, kita berharap mobil tetap dioperasikan paling tidak sebulan sekali. Hal ini dilakukan agar mesin mobil dan mesin pompa bisa bekerja maksimal saat digunakan. Apabila ada kerusakan, bisa terdeteksi dengan cepat,” papar Arif.
Kepala Bidang Aset Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Gunungkiudul Eka Widada, menambahkan, sebelum mobil resmi diserahterimakan, mobil akan dicoba fungsi dan kemampuannya. Percobaan mobil dilakukan dengan melibatkan regu Pemadam Kebakaran Gunungkidul.
“Ini baru tahap uji coba. Acara serah terima akan kita laksukan 2-3 minggu lagi setelah mobil dipastikan tidak ada kendala,” ungkapnya.
Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, menyambut baik adanya mobil pemadam baru. Dia berharap, meskipun ada mobil baru, semoga kejadian kebakaran di Gunungkidul tidak sering terjadi. “Meski mobil baru jangan ada kebakaran di Gunungkidul,” katanya. (Juju/Tty)

Komentar

Komentar