Perpustakaan “Gardu Pintar” bimbing pendidik PAUD melek IT

oleh -
pelatihan komputer di perpustakaan Gardu Pintar. Foto : Gemma
iklan dispar
pelatihan komputer di perpustakaan Gardu Pintar. Foto : Gemma
Pelatihan komputer di perpustakaan Gardu Pintar. Foto : Gemma

WONOSARI, (KH) — Perpustakaan Desa Gardu Pintar, Kepek, Wonosari mengadakan pelatihan komputer dasar dan pengenalan internet kepada para pendidik PAUD. Pelatihan ini adalah yang kedua kali, setelah sebelumnya dilaksanakan pada Tanggal 13 Pebruari 215. Pelatihan ini meneruskan pelatihan yang kemarin. Pelatihan memberikan bekal kepada ibu-ibu pendidik PAUD agar terampil mengoperasikan komputer dan internet.

Para pendidik PAUD tersebut diberikan pelatihan dengan praktik secara langsung, mengenai bagaimana cara menghidupkan dan mematikan komputer, mengoperasikan Ms. Word, mengakses internet dengan baik dan benar, hingga bagaimana memasarkan produk melalui internet atau lebih dikenal dengan marketing online.

Dengan diikuti 12 peserta, pelatihan berlangsung secara sukses, peserta antusias mengikuti pelatihan ini.

Selain diberikan wawasan mengenai komputer dasar, para peserta terlebih dahulu diajak pengelola perpustakaan Gardu Pintar untuk praktik membuat Brownis, bertempat di halaman perpustakaan.

Selain untuk refreshing sebelum praktik komputer, praktik pembuatan brownis dilakukan untuk memberikan informasi kepada ibu-ibu mengenai bagaimana teknik yang benar dalam proses pembuatan brownis, serta ibu-ibu dapat sharing kepada narasumber mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan masak memasak.

Setelah selesai praktik membuat brownis, ibu-ibu diajak untuk praktek mengetik menggunakan Ms. Word, browsing internet, dan memasarkan suatu produk lewat situs jual beli.

“Tujuan dari pelatihan komputer ini adalah untuk memberdayakan para pendidik PAUD agar melek IT, guna menjadikan para pendidik lebih kreatif dalam memberikan ilmu kepada murid-muridnya,” ungkap Lasto salah satu pengelola perpustakaan.

Pelatihan ini didukung oleh program Perpuseru, dimana tujuan dari program tersebut adalah untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat pelibatan masyarakat berdasarkan teknologi informasi guna meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat.

Surya salah satu pengelola perpustakaan Gardu Pintar mengungkapkan, butuh peran serta aktif masyarakat, diharapkan ibu-ibu yang telah mengikuti pelatihan ini  menjadi anggota perpustakaan yang aktif, mendukung perpustakaan Gardu Pintar sebagai pusat kegiatan masyarakat. Salah satunya dengan memanfaatkan  fasilitas layanan komputer dan internet yang telah tersedia, kemudian dengan sosialisasi di berbagai pertemuan mengenai keberadaan perpustakaan tersebut.

Sebagai pendidik PAUD yang menangani laporan dan lain sebagainya, dengan pelatihan ini jadi mengenal sedikit demi sedikit, manfaat komputer dan internet. Untuk selanjutnya diharapkan diadakan pelatihan seperti ini lagi untuk para pendidik yang belum berkesempatan mengikuti.

Ika selaku pengelola perpustakaan berharap pelatihan ini dapat menjadi langkah awal untuk ibu-ibu pendidik PAUD agar bisa memberikan motivasi dan inovasi dalam mengajar. (Gemma)

Komentar

Komentar