Percepat Luas Tambah Tanam Padi, DPP Pantau ke Lahan Pertanian

oleh -
Gerakan tanam padi Karangmojo. (DPP)
iklan-idul-fitri-smkn3-wno

KARANGMOJO, (KH),– Untuk mengejar target luas tambah tanam, tim Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul terjun ke lapangan melakukan pemantauan.

Pemantauan dilakukan bersamaan dengan gerakan tanam padi dan jagung Di Kecamatan Karangmojo bersama dengan Kelompok Tani (Poktan) Gatakrejo.

Di Karangmojo Poktan Gatakrejo melaksanakan Gerakan Tanam (Gertam) padi memanfaatkan aliran air bendung Gatakrejo. Luas lahan di dua tempat Gatakrejo berkisar 40 ha. varietas yang digunakan yakni benih Inpari 42 bantuan pemerintah pusat serta benih Padi Hibrida. Poktan menyambut baik bantuan benih pemerintah tersebut sekaligus berharap bisa panen melimpah.

iklan kejari

“Secara keseluruhan sampai Kamis 26 Desember 2019 luas tambah tanam padi di Gunungkidul mencapai 41.626 hektar atau 85,2 % dari target 48.825 hektar meliputi luas tambah tanam padi sawah dan padi lahan kering,” kata Kepala DPP Gunungkidul, Ir Bambang Wisnu Broto.

Sementara di Kecamatan Patuk tepatnya di Desa Terbah para petani juga giat melaksanakan gerakan tanam untuk mengejar awal musim tanam. Gerakan tanam diantaranya di Semilir, Terbah, Patuk. Petani setempat, Samiyem (47) menanam padi Ciherang bantuan pemerintah pusat. Untuk bidang garapannya ia mendapat 5 kg benih.

“Rata-rata di kawasan lahan di Patuk sudah ditanam semua,” kata Samiyem.

Demikian juga di Suru Lor Gedangsari, Tukirah (50) telah menyelesaikan penanaman padi sawahnya. Dia melaporkan hampir seluruhnya telah menanam padi di lahan sawah menggunakan benih bantuan pemerintah jenis padi Ciherang dan jagung hibrida.

Ir. Bambang Wisnu Broto berterima kasih pada petani yang telah selesai melaksanakan percepatan gerakan tanam padi. Diharapkan tahun 2020 nanti Gunungkidul bisa panen padi tepat waktu.

“Untuk tanaman jagung sampai dengan 26 Desember terlaporkan tertanam 34.877 ha atau 76,2 % dari target,” jelas Bambang Wisnu Broto.

Pihaknya menghimbau agar para petani melaksanakan percepatan tanam terutama di lahan sawah sehingga bisa tercapai 100% untuk Bulan Desember 2019. (Kandar)

hut gk kh

Komentar

Komentar