Penyanyi Mancanegara Fasih Berbahasa Jawa

oleh -
iklan dispar

PLAYEN, (KH) — Campursari pimpinan Joni Gunawan dengan penyanyinya Suhin dan Endang, menghibur Tamu 15 negara yang sedang berada di Playen (KH 7 Okt 2014). Acara juga dihibur oleh dua penyanyi dari manca negara, Agnes berasal dari Hongaria dan Hiromi Kano dari Jepang.
Agnes yang belajar bahasa jawa dan menyanyi (nembang) selama 5 tahun di Solo, dan sekarang ikut Ki Manteb Sudarsono. Tutur katanya menggunakan bahasa jawa halus. Penyanyi Campursari, Suhin istri Joni Gunawan, merasa heran mendengar suara Agnes yang fasih mendendangkan lagu-lagunya Manthous.
Dipandu Joni, Agnes menyanyikan lagu tiwul Gunungkidul, getuk, sakit rindu, dan sinom nuklir. Tamu 15 negara yang berkunjung tak ketinggalan foto bersama dengan penyanyi manca negara.
Joni Gunawan juga menampilkan duet Agnes dan Hiromi Kano mendendangkan gending nuklir yang dilanjutkan lagunya Alm Mas Manthous. ”Maaf saya nggak naik panggung, kalau saya naik panggung, bisa bledos panggungnya,” kata Agnes ketika didaulat peserta sarasehan anggota Gapoktan.
“Penampilan kedua seniwati Manca negara yang baik, harus menjadi cambuk warga Indonesia untuk melestarikan seni budaya kita. Jangan sampai kita kalah dengan bangsa lain”, himbau Joni.
Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah, S. Sos juga mengapresiasi, kebolehan Agnes dan Hiromi Kano yang fasih bahasa Jawa. Bupati menghimbau warga Gunungkidul untuk ikut melestarikan seni budaya yang adiluhung, termasuk seni campursari dan gejok lesung.(Sarwo/Tty)

Komentar

Komentar