Penutupan TMMD dan Karya Bhakti Kodim 0730

oleh -
iklan dispar
GEDANGSARI, kabarhandayani.– Upacara penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan Karya Bhakti Skala Besar Kodim 0730 Gunungkidul di lapangan Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul dilaksanakan pada Selasa (10/6/2014). 
 
Upacara tersebut dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB dengan inspektur upacara adalah wakil bupati Gunungkidul, Drs.H.Immawan Wahyudi SH.MH dan kapten Inf Jarwanto selaku pemimpin upacara serta kapten Inf Heru Cahyono selaku komandan upacara.
 
Dalam upacara penutupan tersebut dilakukan pengembalian alat kerja secara simbolis dari tentara yang mengikuti TMDD kepada inspektur upacara dilanjutkan pembacaan laporan hasil TMMD Sengkuyung tahap I yang dibacakan oleh kapten inf Endro B dan hasil Karya Bhakti Skala Besar TNI dibacakan oleh kapten Inf Agus R. Upacara ini diikuti oleh sekitar 300 peserta yang terdiri dari Korsik,TNI, Polisi, Satpol PP, PNS TNI, Tagana, BPBD,muspika dan SKPD.
 
Dalam amanat pangdam IV/DIP Mayjen TNI Sunendiyo yang disampaikan oleh Immawan menjelaskan, hasil kerjasama dalam TMMD yang berupa fisik tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan dapat mendukung serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dan sasaran non fisik dapat meningkatkan kekuatan bela negara.
 
“TNI dan rakyat dapat saling bekerja sama serta bergotong royong dalam menangkal semua ancaman yang datang baik dari dalam negeri ataupun luar negeri yang memecah belah persatuan dan kesatuan serta kehutuhan NKRI,” ujarnya. 

 

Letkol Arh Herman Toni Komandan Kodim 0730 Gunungkidul menjelaskan, kegiatan TMMD  di Sampang, Gedangsari dilaksanakan 14 Mei-20Mei 2014, meliputi pembuatan talud dengan panjang 68 meter dan pelebaran jalan, pemasangan gorong-gorong bis beton 1 unit, pembuatan duiker plat 1 unit, pembuatan cor rabat beton. Sedangkan sasaran non fisik ada 14 penyuluhan seperti kesadaran bela negara, bahaya narkoba, budidaya pakan ternak dari Dinas Peternakan Gunungkidul, kehutanan dan perkebunan, keterampilan wanita, pemberantasan buta huruf, wawasan kebangsaan, masyarakat, jam belajar masyarakat, donor darah pelatihan pembuatan batako dan pelayanan kesehatan dan keluarga berencana gratis.
 
Tenaga TMMD kodim 0730 Gunungkidul 31 orang, komando taktis TMMD 5 orang, TNI AL dan AU 4 orang, polres Gunungkidul30 orang, tim kesehatan 1 orang, perhubungan 1 orang, teknisi dinas PU 1 orang, dinas instansi 5 orang, masyarakat 60 orang per hari. 
 
Kegiatan TMMD di Ponjong dilaksanakan 30 Mei- 8 Juni 2014, Sasaran fisik pembangunan rabat beton, pembangunan rabat beton jalan panjang 70 meter, pembangunan talud batu pasangan panjang 75 meter dan tinggi 2 meter, pembangunan corblok halaman makam panjang 60 meter x 10 meter, pembangunan rabat beton jalan panjang 50 meter. Sedangkan non fisik berupa silaturahmi dan pemberian bantuan sembako serta uang kepada 30 masyarakat dan penyuluhan bela negara.
 
Pengerahan tenaga : komando taktis 5 orang, SST Kodim 0730 Gunungkidul 31 orang, tim kesehatan 1 orang, perhubungan kodim 1 orang, teknisi dinas PU Gk 1 orang, polres Gk 30 orang, muspika Ponjong 25 orang, masyarakat 175 per hari. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar