Pengelola Goa Pindul Antisipasi Debit Air Naik

oleh -
iklan dispar
image
WIsata Goa Pindul. Foto: Juju.

KARANGMOJO,(KH)– Memasuki musim hujan, pengelola wisata Goa Pindul, yang terletak di Bejiharjo Karangmojo mewaspadai adanya potensi peningkatan debit air sungai di jalur wisata susur goa. Langkah penutupan akan diambil apabila terjadi banjir dan debit air di sungai bawah tanah terus meningkat.

Ketua Pokdarwis Dewa Bejo Subagyo mengatakan, langkah antisipasi akan diambil para pengelola Wisata Pindul apabila terjadi curah hujan tinggi. Hhal itu dilakukan untuk memberi rasa aman kepada wisatawan. Langkah penutupan juga akan diambil apabila debit air di sungai bawah tanah meningkat drastis.

“Karena kita bekerja dengan memanfaatkan alam, jadi kita memang harus jeli. Ada kenaikan debit air 2 cm aja kita tahu, karena memang kita sudah hafal dengan karakter Goa Pindul,” katanya, Senin (8/12/2014).

Ia menjelaskan, memasuki musim penghujan, beberapa personil juga akan diturunkan untuk mengamati langsung bagian hulu sungai. Selain mengamati debit air, langkah antisipasi juga dilakukan dengan memperhatikan tingginya curah hujan.

Bagyo menambahkan, sampai dengan awal Bulan Desember ini belum pernah ada penutupan akibat banjir. Apabila curah hujan tinggi berlangsung hingga berjam-jam, tidak menutup kemungkinan pengelola akan melakukan penutupan sementara.

Selain itu, pemandu Goa Pindul juga dihimbau untuk lebih ekstra waspada memasuki musim penghujan ini. Ia mengungkapkan, memasuki musim hujan dan akhir tahun, jumlah kunjungan wisatawan yang berlibur di Goa Pindul masih stabil.

“Langkah preventif tetap kita lakukan. Meski musim penghujan,setiap akhir pekan pengelola wisata Pindul Dewa Bejo melayani lebih dari 700 wisatawan,” ulasnya.

Pada musim hujan tahun sebelumnya, Bagio mengakui beberapa kali wisata Goa Pindul pernah ditutup sementara, akibat meningkatnya debit air sungai bawah tanah. (Juju/Bara)

 

 

Komentar

Komentar