Pengajian Akbar FRMDK Sambut Israq Miraj dan HUT Gunungkidul

oleh -
kadhung tresno

TANJUNGSARI, Kabarhandayani.– Ribuan jamaah Islam di sekitar Desa Kemiri Kecamatan Tanjungsari malam ini Senin (26/5/2014) menghadiri pengajian akbar dalam rangka menyambut hari Israq Miraj 1435 H dan Hari Ulang Tahun (HUT) Gunungkidul ke-183. Acara yang diselenggarakan di Balai Desa Kemiri ini diprakarsai oleh Kerohanian Karang Taruna Desa Kemiri yang tergabung dalam Forum Remaja Masjid Desa Kemiri (FRMDK).

Ketua FRMDK, Hanif Marsudi mengatakan acara ini bertema “Bangkitkan Sunnah, Tumbuhkan Aqidah, Teladani Sang Uswatun Hasanah”, bertujuan untuk menegakan rasa iman dengan meneladani peristiwa Israq Miraj. Selain itu acara ini sebagai wahana mempersatukan remaja di desanya, mengingat FRMDK merupakan wadah kerohanian baru di Desa Kemiri yang baru berdiri sejak 5 Januari 2014.

“Disamping untuk mengenang dan meneladani peristiwa Israq Miraj, acara ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan integritas dan etos kerja terutama para anggota FRMDK serta masyarakat pada umumnya,” jelas Hanif, Senin (26/5/2014).

Dalam kesempatan yang sama, Novita Sekretaris FRMDK menandaskan pengajian akbar dengan penceramah HM. Hirkam ini juga dimaksudkan untuk memperingati HUT Kabupaten Gunungkidul.

“Kegiatan ini semoga menjadi awal perubahan dan kemajuan remaja di Desa Kemiri agar semakin bangga menjadi warga Gunungkidul yang besok akan merayakan ulang tahun. Harapan saya, Gunungkidul semakin maju dengan perkembangan yang disertai dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah,” jelasnya.

HM. Hirkam yang diberi kesempatan untuk memberikan wejangan menyatakan rasa bangganya terhadap acara yang digelar kalangan remaja ini. Dalam ceramahnya, ekspresi ia berikan kepada FRMDK yang baru berumur 5 bulan namun telah mampu menyelenggarakan acara positif semacam ini.

“Dengan peringatan Israq Miraj ini semoga menjadi awal perubahan dan kemajuan keimanan remaja di Desa ini. Israq Miraj adalah peristiwa penerimaan wahyu perintah sholat, maka untuk mencapai sebuah cita-cita seperti pada tema acara ini, kita harus menambah waktu beribadah selain shalat wajib, yaitu dengan melaksanakan sholat sunat,” kata Hirkam.

Dalam ajaran Islam, Israq memiliki arti perjalanan Nabi Muhammad SAW, atas kehendak  Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Sedangkan Miraj memiliki arti Nabi Muhammad SAW dinaikkan ke langit sampai ke Sidratul Muntaha untuk bertemu dan menerima perintah langsung dari Allah SWT berupa perintah salat lima waktu. (Sumaryanto/Jjw).

Komentar

Komentar