Pemdes Salam Terus Gali Potensi Wisata Kali Nawing

oleh -
Wisata trekking di Kali Nawing Desa Salam Patuk. Foto: Juju.
iklan dispar
Wisata trekking di Kali Nawing Desa Salam Patuk. Foto: Juju.
Wisata trekking di Kali Nawing Desa Salam Patuk. Foto: Juju.

PATUK,(KH)— Pemerintah Desa Salam Kecamatan Patuk Gunungkidul terus berkomiten mengembangkan destinasi  Wisata Purbo Selo Nawing Indah dengan berbagai wahana baru. Selain trekking, akan dibangun wahana perkemahan dan agrowisata buah sirsak.

Pengurus Desa Wisata Salam Kasduri mengatakan, pembangunan destinasi wisata Nawing akan diprogramkan jangka panjang. Destinasi yang digarap secara bersama oleh Padukuhan Mbaran, Gunungmanuk, Ngasem Ayu, dan Trosari ini terus menggali dan mengembankan poteni baru.

“Pengenalan tahap awal kepada wisatawan sudah kita mulai dengan menggelar festival trekking beberapa waktu lalu. Harapan kita, Nawing ini akan menjadi destinasi yang mensejahterakan rakyat,” kata Kasduri, Selasa (31/3/2015).

Dijelaskannya, tahap awal pemerintah desa akan membangun jalan menuju Nawing. Wahana permainan lain seperti flying fox dan pembangunan gazebo akan segera dilakukan. Pembuatan tangga pada jalur trekking yang curam juga menjadi prioritas utama pembangunan.

“Tidak hanya trekking, wisatawan juga dapat menikmati air terjun Kedung Clongop serta bebatuan khas purba serta indahnya pematang sawah, saat ini juga sudah dilakukan penanaman 1000 pohon sirsak,” jelasnya.

Sementara, Pengurus Purbo Selo Nawing Indah Tugiman, mengungkapan, untuk mengatasi erosi di destinasi wisata tersebut, pemerintah desa dengan KKN Universias Sanata Dharma beberapa waktu lalu telah menanam puluhan pohon keras. Selain beringin, ada 4 pohon langka yang ditanam di kawasan tersebut untuk mengurangi erosi dan menjaga air tanah.

“Pengelolaan destinasi wisata ini kita harapkan dapat menyerap tenaga kerja sehingga tidak ada pengangguran di masyarakat, imbasnya ada peningkatan ekonomi,” terangnya.

Tugiman menjelaskan, Trekking Nawing dengan jarak 1,5 km yang saat ini dikembangkan dilakukan di atas tanah milik warga. Agar tidak terjadi konflik pemanfaatan tanah, pihak pengelola juga melibatkan pemilik tanah dalam kepengurusan destinasi baru tersebut.

“Destinasi Nawing ini sebenarnya sudah kita gagas mulai 4 tahun lalu, selain empat padukuhan pemilik lahan atas tanah juga kita libatkan untuk menghindari konflik jika nanti destinasi ini berkembang pesat,” katanya.

Untuk diketahui, Destinasi Wisata Nawing yang berada di Desa Salam Kecamatan Patuk Gunungkidul memberikan pilihan baru untuk melepas penat menikmati hari libur dan akhir pekan. Di tempat ini, wisatawan akan diajak menikmati keindahan alam, dengan berjalan menyusuri hutan, goa, aliran sungai dengan batu besar dan indahnya pematang sawah. (Juju)

Komentar

Komentar