Pastikan Angkutan Laik Jalan, Dishub Gunungkidul Lakukan Ram Chek

oleh
Ram Check angkutan umum yang dilakukan Dishub Gunungkidul. KH/ Kandar.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Menghadapi arus mudik dan arus balik libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul melakukan pengecekkan kendaraan atau ram chek  angkutan penumpang di beberapa perusahaan oto bus dan terminal, Kamis, (26/12).

Ram chek yang dilakukan dipimpin Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi Lalu Lintas, Bayu Susilo Aji.

Selain memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan, juga dilakukan pemeriksaan unsur teknis seperti sistem penerangan, pengereman, badan kendaraan, kondisi ban, perlengkapan, pengukur kecepatan, wiper, hingga klakson.

Bayu Susilo Aji, menuturkan, ramchek bertujuan agar kendaraan yang digunakan masyarakat dalam keadaan layak jalan sesuai standar yang telah ditetapkan.

“Tentu saja untuk menekan risiko kecelakaan lalu lintas,” kata dia.

Di tempat terpisah Kepala Bidang Angkutan dan Terminal Dishub Gunungkidul,  Ikrar Subarno, S.Sos, M.M., menyampaikan, kesiapan semua kendaraan angkutan natal 2019 dalam kondisi baik.

Hanya saat berada di pool Bus Maju Lancar, Dishub menemukan satu bus angkutan reguler mengalami kerusakan pada speedometer. “Speedometer dalam kondisi mati,” ujar dia.

Dishub kemudian menyampaikan himbauan agar PO angkutan tersebut melakukan perbaikan sebelum bus dioperasionalkan.

“Baik di pool Maju Lancar, Pool Rosalia Indah maupun di Terminal Semin, Alhamdulillah secara umum dalam kondisi baik,” imbuh Ikrar Subarno.

Dengan kondisi yang baik tersebut  diharapkan penumpang khususnya pengguna armada transportasi terjaga kenyamanan dan keamanannya. (Kandar)

Komentar

Komentar