Pasar Ponjong, Makin Ramai Saat Legi dan Pon

oleh -
Pasar Karang Ijo Ponjong, Ramai di Hari Pasaran Legi dan Pon. KH/Edo.
iklan dispar
Pasar Karang Ijo Ponjong, Ramai di Hari Pasaran Legi dan Pon. KH/Edo.
Pasar Karang Ijo Ponjong, Ramai di Hari Pasaran Legi dan Pon. KH/Edo.

PONJONG, (KH) – Pasar Karang Ijo Ponjong merupakan salah satu pasar tradisional di wilayah Kecamatan Ponjong. Pasar ini berada di Padukuhan Karang Ijo, Desa Sumber, Kecamatan Ponjong. Pasar yang berada di dekat ibukota kecamatan ini memiliki luas 1200 meter persegi.

Pasar Karang Ijo Ponjong secara manajemen masuk dalam Kematren Pasar Bedoyo bersama Pasar Jimbaran. Pasar Karang Ijo Ponjong ini memiliki dua hari pasaran, yaitu saat Legi dan Pon.

Di pasar ini berbagai barang diperjualbelikan baik barang produksi lokal Gunungkidul maupun aneka barang dari luar Gunungkidul. Mahendra Setyawan (42), Lurah Pasar menjelaskan, pedagang yang beroperasi pada setiap hari pasaran ada 210 untuk pasaran Legi dan 170 pedagang untuk pasaran Pon. Mereka menempati kios pasar, los pasar, dan plataran pasar.

“Pedagang yang aktif beroperasi setiap pasaran berasal dari sekitar Ponjong. Tetapi ada juga pedagang dari luar Gunungkidul yaitu dari Cawas dan Klaten,” jelasnya.

Mereka dikenakan biaya sewa kios pasar per meter persegi Rp 250,00,- , untuk los pasar Rp 200,00,- dan plataran pasar dikenakan biaya karcis retribusi sebesar Rp 150,00,-, tergantung pada posisi dan luasnya.

Diketahui ada berbagai macam barang yang diperjualbelikan di Pasar Karang Ijo Ponjong ini, seperti: aneka sayuran, aneka buah-buahan, aneka konveksi, hasil laut, daging sapi, daging ayam, palawija, dan lain-lain.

Mahendra menambahkan, komoditas dagangan terbanyak yang diperjualbelikan di pasar Karang Ijo Ponjong yaitu jenis palawija, karena di Pasar Karang Ijo Ponjong ini berbagai barang yang diperjualbelikan hanya musiman atau mengikuti tren pasar. (Edo).

Komentar

Komentar