Nglanggeran Mountain Bike Siap Sambut Pecinta Sepeda Gunung

oleh -
iklan dispar
PATUK, kabarhandayani.– Event sepeda gunung akan digelar di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul pada hari Minggu (14/9/2014). Konsep sepeda gunung yang ditawarkan dalam kegiatan ini sedikit berbeda dengan kebanyakan event sepeda yang pernah dilakukan. Pasalnya, event dilaksanakan di Geopark Gunung Sewu tepatnya di Geosite Gunung Api Purba.
Panitia kegiatan, Sugeng Handoko, menjelaskan, event yang bertajuk Geocycle at Geopark Gunung Sewu Geosite Gunung Api Purba ini bertujuan untuk mengenalkan Geosite Gunung Api Purba yang sudah dinilai oleh Asessor dari UNESCO 7 Juli 2014 yang lalu. Selanjutnya, akan diumumkan masuk jaringan Geopark Internasional pada tanggal 12 September 2014 di Canada.
“Konsep rangkaian acara sepeda gunung yang diselenggarakan bukan lomba, namun lebih kepada kegiatan senang-senang dan berolahraga sambil melihat panorama alam di Geosite Gunung Api Purba dengan lokasi start dan finish di rest area Embung Kebun Buah Nglanggeran,” jelasnya pada Kamis (21/8/2014).
Lanjut Sugeng, disediakan 2 jalur yang dapat menjadi pilihan sesuai minat. Jalur pertama merupakan jalur Fun Bike dengan jarak tempuh 8 km. Medan yang tidak terlalu ekstrim dengan tipikal jalan datar melewati aspal, persawahan, berbatu dan cor semen bisa dilalui oleh sepeda gunung biasa bahkan sepeda yang biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari
Sedangkan jalur kedua diperuntukkan bagi pecinta  mountain bike (MTB) yang ingin merasakan jalur petualangan dengan sebutan jalur adventure MTB Nglanggeran. Jalur dengan jarak tempuh 22 km ini memiliki kondisi jalan menantang dengan didominasi 60% turunan dan 40% tanjakan terjal yang merupakan jalur menuju finish. Lokasi akan dominan di kawasan hutan dengan melewati 3 wilayah lokasi desa di Kecamatan Patuk yaitu Desa Nglanggeran, Desa Putat dan Desa Bunder.
Sugeng menambahkan, quota event ini terbatas hingga 400 peserta pendaftar pertama dengan batas akhir pendaftaran tanggal 10 September 2014. Dalam event perdana ini juga disediakan banyak doorprise menarik bagi peserta yang beruntung saat diundi yakni 8 sepeda gunung, 5 HP, 5 TV, 5 VCD, 5 Radio, 5 Kipas Angin, 5 Setrika, 5 Magicom, 5 Kompor Gas, T-Shirt Gunung Api Purba, dan undian menarik lainnya.
“Biaya pendaftaran Rp 20.000,00 dengan fasilitas T-Shirt, Makan, Air Mineral+Snak, dan Asuransi. Untuk melakukan pendaftaran bisa datang langsung ke Sekretariat Gunung Api Purba Nglanggeran atau Kantor Dinas pariwisata DIY di Jln. Malioboro Yogyakarta. Bisa juga bagi peserta dari luar kota bisa via transfer dengan menghubungi panitia yaitu Sugeng Handoko 081802606050/pin BB 75DB6B32 atau Aris Budiyono 081804138610/Pin BB 26660FDE,” pungkasnya.
Lanjut Sugeng, bagi peserta dari luar kota Jogja jika ingin menginap di lokasi panitia juga menyediakan Homestay atau jika ingin camping juga tersedia lokasi Camping dengan biaya menginap dan kegiatan lain menjadi tanggungjawab peserta masing-masing. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar