Musim Panen Tiba, Pemilik Jasa Angkut Kebanjiran Rejeki

oleh -
Hasil panen diangkut dengan mobil bak terbuka. Foto : Atmaja.
iklan dispar
Hasil panen diangkut dengan mobil bak terbuka. Foto : Atmaja.
Hasil panen diangkut dengan mobil bak terbuka. Foto : Atmaja.

PALIYAN, (KH) — Dimulainya musim panen bagi sejumlah petani  memberikan keuntungan tersendiri bagi para pemilik mobil bak terbuka untuk mendapatkan rezeki. Hampir setiap pemilik mobil jasa angkut bak terbuka di Kecamatan Paliyan meraup untung ketika musim panen tiba.

Seperti Yakub (36) warga Padukuhan Giring, Desa Giring, Kecamatan Paliyan yang beberapa hari belakangan mulai sibuk untuk mengangkut hasil panen petani yang berada di Desa Giring dan sekitarnya. Profesi sebagai sopir angkut panenan selalu dilakukannya setiap masa musim panen.

Pada awal musim panen kali ini, dalam waktu sehari ia dapat mengangkut tiga sampai empat kali hasil panenan. “Saat awal panen seperti saat ini belum begitu ramai, namun perlu disyukuri setiap musim panen selalu mendapatkan rezeki tambahan untuk kebutuhan keluarga,” katanya, Jumat (27/02/2015).

Ia menambahkan, tidak mematok harga untuk mengangkut hasil panen dari para petani. Dalam waktu sehari ia mengaku mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 100 hingga 150 ribu.

Menurutnya, puncak permintaan untuk mengangkut hasil panen terjadi pada musim panen padi. Tidak jarang ia memberikan order kepada temannya karena banyaknya permintaan. “Sehari bisa lima hingga tujuh kali angkut saat musim panen,” ujarnya.

Sementara itu, hal yang sama juga dialami oleh Rustanto (43) warga Padukuhan Trowono, Desa Karangasem, Paliyan. Sopir angkut panen yang satu ini menyewa kendaraan milik temannya untuk mengangkut hasil panen.

Ia mengaku, masih mendapatkan keuntungan, meskipun harus menyewa kendaraan milik orang lain. “Sehari setoran kepada pemilik mobil sebesar Rp. 75 ribu belum termasuk solar,” katanya.

Dalam waktu sehari ia dapat mengangkut empat sampai lima kali angkut untuk melayani permintaan warga sekitar Desa Mulusan dan Karangasem. “Kadang juga harus ikut membantu untuk mengangkut hasil panen dari sawah ke dalam mobil,” tandasnya. (Atmaja/Tty)

Komentar

Komentar