Mulai Bulan Depan Pencetakan E-KTP Bisa di Kantor Kecamatan

oleh -
Ilustrasi. Foto : Internet
iklan dispar
Ilustrasi. Foto : Internet
Ilustrasi. Foto : Internet

WONOSARI,(KH)— Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gunungkidul akan mulai melakukan pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik mandiri untuk 18 kecamatan di Gunungkidul.

Kepala Disdukcapil Gunungkidul Eko Subiyantoro mengatakan, pihaknya kini mendapat tambahan blangko untuk pembuatan E-KTP dari pusat sebanyak 12.877 keping. Sehingga optimis dapat melakukan pencetakan E-KTP untuk seluruh kecamatan mulai 1 Februari mendatang.

“Kemarin kita baru melayani di Kecamatan Wonosari. Mulai 1 Februari 2015 kita akan coba di 18 kecamatan di Gunungkidul,” kata Eko, Selasa (20/1/2014).

Eko mengungkapkan, cara pencetakan E-KTP cukup mudah. Masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil, sebab pencetakan ini dilayani di masing-masing kecamatan. Masyarakat cukup datang dan mengisi blangko yang disediakan operator SIAK disertai foto copy KTP regulernya.

Kemudian operator yang ada di setiap kecamatan akan membawa persyaratan komplit ke Kantor Disdukcapil untuk dilakukan pencetakan. “Pemohon kemudian menunggu 5-7 hari setelah itu, E-KTP dapat diambil di kecamatan dan KTP Regulernya akan kita cabut,” ungkap Eko.

Dia menjelaskan, masyarakat yang mempunyai kepentingan mendesak penggunaan E-KTP dapat mengurusnya langsung di Kantor Disdukcapil. Dia mengungkapkan, Disdukcapil saat ini terus melakukan perekaman biodata penduduk untuk program SIAK dan perekaman biometrik untuk penerbitan KTP-E.

“Jika diperlukan mendesak, masyarakat dapat datang langsung ke Disdukcapil. Saat ini kita menyiapkan 3 meja pelayanan penerbitan KTP elektronik,” katanya.

Selain itu, lanjut Eko, Disdukcapil Gunungkidul saat ini terus menyelesikan sisa-sisa permohonan E-KTP yang belum jadi sejak Tahun 2012 dan juga gagal rekam sejumlah 10.500 penduduk. Eko berharap masyarakat segera menganti KTP reguler menjadi E-KTP.

“Meski penggunaan E-KTP mulai 1 Januari 2015, KTP reguler di Gunungkidul masih berlaku. Tetapi kami berharap masyarakat segera mengganti KTP reguler ke KTP elektronik,” tegasnya.

Sementara Kabid Kependudukan Disdukcapil, Eko Arisandy Purbo menambahkan, permohonan E-KTP yang masuk dari kecamatan akan segera dilakukan pencetakan. “Mesin Disdukcapil mampu mencetak 200 E-KTP setiap harinya, semoga tidak terjadi trouble dan bisa memenuhi permintaan masyarakat,” katanya. (Juju)

Komentar

Komentar