Muda-Mudi Kuwon Meriahkan HUT RI

oleh -
iklan dispar

SEMANU, kabarhandayani.– Kelompok Karang Taruna Kuwon, Pacarejo, Semanu menggelar kirab budaya dalam rangka memperingati HUT RI 69. Peserta kirab budaya berkumpul di lapangan Pacarejo pada pukul 10.00 WIB dengan kaostum dan berbagai kreativitas yang akan mereka pertunjukan. Satu persatu kelompok kirab ini diarak mengelilingi Desa Pacarejo.
Rudi (20) warga Kuwon Lor yang berdandan sorjan (busana jawa) mengaku senang sekali jika ada acara kirab budaya. Sebelumnya pada acara kirab budaya satu Kecamatan Semanu beberapa hari yang lalu kami juga ikut berpartisipasi,” katanya Minggu (24/08/2014).
Kesadaraan dari pemuda pemudi Gabungan Pemuda-Pemudi Kuwon patut dicontoh bagi pemuda-pemudi Indonesia terkhusus untuk muda-mudi di Gunungkidul. Pasalnya mereka terlihat kompak dan antusias untuk ikut memeriahkan HUT RI pada tahun ini.
“Acara kirab budaya ini bertemakan Kebudayaan Yogyakarta, di mana para peserta menampilkan kreativitas mereka dengan balutan kebudayaan Yogyakarta,” ungkap Ranto selaku ketua panitia.
Ranto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dapat terlaksana berkat kerjasama empat padukuhan yang terdapat di Desa Pacarejo. Adapun beberapa padukuhan yang terlibat yakni Padukuhan Kuwon Lor, Padukuhan Kuwon Kidul, Padukuhan Kuwon Tengah, dan Padukuhan Cempluk.
“Kami semua sepakat untuk bersama-sama memeriahkan HUT pada tahun ini, dengan harapan semakin mempererat tali persaudaraan antar padukuhan,” imbuhnya.
Ia menambahkan untuk anggaran yang digunakan berupa sumbangan dari warga, kas Gabungan Pemuda-Pemudi Kuwon Lor (Gapikulo) Gapikulo, Karangtaruna Desa, dan Donatur. “Baik warga maupun donatur yang membantu kegiatan ini mereka sangat mendukung supaya acara seperti ini tetap berlangsung satu tahun sekali,” papar Ranto yang juga anggota Gapikulo.
Lebih lanjut ia berharap masyarakat dan karang taruna tetap kompak bersama-sama baik memeriahkan HUT RI maupun menjadi warga negara yang baik. ” Terimakasih untuk bantuan partisipasi dari warga dan teman-teman Karangtaruna yang sudah mau ikut memeriahkan HUT ke 69 kali ini,” pungkas Ranto. (Atmaja/Hfs)

Komentar

Komentar