Meski Hujan, Alumnus SMA 1 Wonosari Tetap Pungut Sampah

oleh -
kadhung tresno
pungut_sampah_sma1_wonosari
Alumni SMA 1 Wonosari Melakukan Aksi Pungut Sampah Di Pantai Baron Foto : Sumaryanto

TANJUNGSARI, (KH) — Sejumlah ratusan alumnus SMA 1 Wonosari harus berhujan-hujanan guna memungut sampah di area Pantai Baron, Sabtu (27/12). Melalui kegiatan sosial dengan nama “Gerakan Pungut Sampah Pantai Selatan Gunungkidul” ratusan alumnus ini memberikan karya bakti mereka guna turut mengembangkan kebersihan dan kemajuan wisata di Gunungkidul.

Selama kurang lebih satu jam kegiatan pemungutan sampah dilaksanakan. Sebelumnya, acara sosial ini diawali dengan penyerahan sumbangan beberapa alat kebersihan untuk Pokdarwis di beberapa wilayah pantai, diantaranya Pantai Baron mendapatkan 50 bak sampah yang tebuat dari ban bekas, 14 bak sampah gantung berbahan fiber, dan 35 papan peringatan kebersihan. Sementara untuk Pokdarwis Pantai Sundak, Sadranan, dan Slili mendapatkan sejumlah 70 bak sampah.

Para peserta kegiatan terlihat mulai turun di area pemungutan sampah, pasir pantai sejak pukul 09.30 WIB diiringi hujan rintik-rintik. Satu jam setelahnya, mereka harus berbondong ke tepian pantai karena hujan deras mulai turun.

Para peserta tak perlu bersusah payah dan berlama-lama dalam memungut sampah karena Pantai Baron di hari ini sudah cukup bersih dari sampah. Beberapa bak sampah yang terpasang di beberapa tempat telah mulai dimanfaatkan oleh pengunjung guna menjaga kebersihan pantai.

Koordinator kegiatan, Raharjo Sugeng Utomo menuturkan kegiatan sosial ini sengaja diadakan meski tidak ada panitia khusus yang menangani para alumni SMA 1 Wonosari. Harapannya, kegiatan semacam ini bisa diselenggarakan secara berkesinambungan dengan perencanaan yang lebih baik lagi.

“Sarana komunikasi kami awalnya cuma media sosial saja. Berawal dari situ akhirnya kegiatan ini dapat terlaksana. Sesuai rencana alumnus yang datang sekitar 500 orang, tapi karena hujan yang datang hanya sekitar 200 hingga 300 orang,” ucap Raharjo.

Sementara anggota Pokdarwis Pantai Baron, Budiyono menuturkan, acara semacam ini sangat membantu mereka dalam menggalakkan program kebersihan di lokasi pantai. Baginya, bukan hasil memungut sampah yang dikedepankan, tapi kesadaran kebersihan para wisatawan diharap akan semakin baik dengan menyaksikan acara semacam ini.

“Mudah-mudahan hal ini bisa menumbuhkan kesadaran bagi pengunjung. Selain itu kami ucapkan terimakasih atas bantuan peralatan kebersihan yang diberikan pada kami,” kata Budiyono.

Acara bakti lingkungan ini juga dihadiri oleh Bupati Gunungkidul Badingah yang merupakan alumni SMA 1 Wonosari angkatan tahun 1968. Pejabat lain yang turut serta dalam acara ini diantaranya Saryanto selaku  Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul. (Sumaryanto)

Komentar

Komentar