Mesin Mati, Kapal Nelayan Pantai Sadeng Nyaris Tabrak Tebing

oleh -
Evakuasi perahu nelayan. (dok SAR Satlinmas Wil I)
iklan dispar

GUNUNGKIDUL, (KH),– Kapal nelayan yang sediannya hendak menangkap ikan di perairan Pantai Nampu, Paranggupito, Wonogiri, Jateng mengalami kerusakan mesin, Jumat (4/9/2020). Kapal yang mulanya berangkat dari Dermaga Sadeng pukul 04.30 WIB tersebut terombang ambing hendak menabrak tebing.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko menjelaskan, meski mesin kapal berisi 1 nahkoda dan dua Anak Buah Kapal (ABK) tersebut sempat hendak diperbaiki namun tak berhasil dihidupkan.

“Sunardi (50) selaku nahkoda lantas menghubungi rekan nelayan di Pantai Sadeng. Laporan kemudian disampaikan ke petugas SAR sekitar pukul 09.15 WIB,” kata Sunu Handoko.

Sambung Handoko, saat petugas sampai di lokasi kejadian, kapal nyaris menabrak tebing. Tim SAR lalu bergerak cepat melakukan evakuasi dan menyelamatkan para awak kapal.

“Kapal kemudian berhasil dibawa ke dermaga Pantai Sadeng sekitar pukul 10.15 WIB. Kapal tidak mengalami kerusakan. Seluruh ABK juga dalam kondisi selamat,”

Insiden serupa dialami Jaiman (55) nelayan asal Songbanyu, Girisubo , Gunungkidul. Mesin perahu jukung yang dipakai menarik jaring bersama 3 ABK mengalami kerusakan.

Handoko menyebutkan, mereka mulanya melakukan aktivitas menarik jaring di perairan pantai Krokoh sebelah timur pantai Sadeng. Karena mesin mati perahu lantas terbawa arus dan terombang ambing di seputaran perairan tebing Ngungap.

“Keluarga sempat cemas karena nelayan tak memberi kabar karena belum pulang. Setelah mencari di beberapa titik nelayan dapat ditemukan dan dievakuasi,” tukas Handoko. (Kandar)

Komentar

Komentar