Menabung Pohon untuk Siswa dan Lingkungan

oleh -
Penanaman pohon dilakukan oleh murid SD. Foto : Atmaja.
iklan dispar
Penanaman pohon dilakukan oleh murid SD. Foto : Atmaja.
Penanaman pohon dilakukan oleh murid SD. Foto : Atmaja.

PALIYAN, (KH) — Manfaat pohon bagi kelangsungan hidup semua mahluk di bumi sangatlah penting dan tidak bisa kita kesampingkan. Oleh karena itu, tanggung jawab untuk mempertahankan keberadaan bumi ada di tangan kita.
Lingkungan yang baik, dapat tercipta dengan peduli terhadap keberadaan pohon.

Pentingnya fungsi pepohonan membuat Green Network Indonesia (GNI) bekerjasama dengan Pertamina Foundation, membuat program menabung pohon bagi siswa SD dan SMP di Kabupaten Gunungkidul. Program tersebut terselenggara berkat dukungan dari Disdikpora Kabupaten Gunungkidul yang berhasil mendata  sebanyak 50.000 siswa untuk mengikuti program menabung pohon tersebut.

Setiap siswa akan diberikan 20 batang pohon yang bisa dipanen dalam jangka waktu 5 tahun. Selain program tersebut, GNI bertujuan agar karakter generasi muda Indonesia mencintai lingkungannya.

“Program tanam 1 juta pohon bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa, kapan waktu menanam dan kapan waktu pohon bisa ditebang dengan kembali menanam pohon setelah menebangnya,” ucap Transtoto Handadhari, Ketua Green Network Indonesia (GNI), Selasa (28/01/2015)

Transtoto menjelaskan, setiap pohon akan diberi koordinat agar pohon yang ditanam siswa dapat terpantau. Hal ini dilakukan untuk mengurangi tindakan curang yang dilakukan saat pohon belum waktunya ditebang.

“Program ini tidak hanya mengajarkan anak untuk menanam, tetapi juga mengajak anak ikut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan,” jelasnya.

Pada waktu yang bersamaan, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sudodo mengatakan, program tersebut sangatlah positif dengan memberikan pengetahuan kepada anak tentang lingkungan. Di samping itu, anak juga dapat merasakan hasilnya dengan adanya program menabung tanaman.

“Anak dapat mengerti bagaimana caranya menanam, memelihara, dan memanen pohon yang benar,” katanya.

Sudodo menambahkan, agar program tersebut dapat terus berjalan tentunya dengan melakukan pendampingan kepada siswa. “Ini merupakan program pertama penanaman pohon yang melibatkan siswa sekolah. Harapannya program ini dapat menumbuhkan kesadaran akan kesadaran dan mencintai lingkungan sekitar,” pungkas Sudodo. (Atmaja/Tty)

Komentar

Komentar