Mata Air Beton Dimanfaatkan Warga Untuk Keperluan Sehari-hari

oleh -
Aliran air yang berasal dari mata air Beton. Foto : Atmaja
iklan dispar
Aliran air yang berasal dari mata air Beton. Foto : Atmaja
Aliran air yang berasal dari mata air Beton. Foto : Atmaja

PONJONG,(KH) — Selain digunakan untuk pengairan di persawahan, aliran air yang berasal dari sejumlah sumber mata air yang terdapat di Kecamatan Ponjong, juga digunakan warga untuk keperluan sehari-hari. Aliran air yang tidak pernah surut tersebut, sangat membantu warga untuk mencuci, mandi dan mencukupi kebutuhan air sehari-hari.

Seperti yang terdapat di Padukuhan Genjahan, Simo 1, terlihat warga sedang memanfaatkan aliran air yang berada sawah Genjahan. Diketahui, aliran air sawah Genjahan berasal dari sumber mata air Beton.

“Air tetap mengalir, meski musim kemarau berlangsung. Airnya pun jernih dan tidak jarang dimanfaatkan warga untuk air minum,” ujar Paimo (54) warga Genjahan, Simo 1, Ponjong, Sabtu (11/07/2015).

Beberapa mata air di Kecamatan Ponjong menjadikan panen padi dapat berlangsung sebanyak tiga kali dalam setahun, sehingga salah satu wilayah yang berada di Gunungkidul bagian timur tersebut, terlihat lebih subur dibanding wilayah lain di Gunungkidul.

Lebih lanjut Paimo menjelaskan, warga yang tinggal disekitar aliran air Genjahan, juga memanfaatkan aliran untuk memelihara ikan. Dengan adanya aliran air tersebut membantu warga untuk kebutuhan air dan berwirausaha.

“Sebagian besar digunakan untuk usaha warung apung. Limpahan airnya, semoga bisa dijaga anak cucu mendatang dan tetap bisa bermanfaat bagi kehidupan warga,” tandasnya. (Atmaja)

Komentar

Komentar