Masuk Pantai Ngedan Masih Bebas Retribusi Tempat Wisata

oleh -
Pantai Ngedan Krambilsawit Saptosari. Foto: Kandar.
iklan dispar
Pantai Ngedan Krambilsawit Saptosari. Foto: Kandar.
Pantai Ngedan Krambilsawit Saptosari. Foto: Kandar.

SAPTOSARI, (KH)— Keindahan pantai yang terletak di Desa Krambilsawit Kecamatan Saptosari ini dapat dinikmati secara gratis tanpa membayar retribusi wisata sejak akses jalan dibuka pertama kali hingga saat ini. Sejak selesai dibangun jalan akses dengan cor rabat beton dengan dana PNPM Pola Khusus MP3KI, pengunjung Pantai Ngedan semakin ramai dari hari ke hari.

Pantauan KH di lokasi, salah seorang pengunjung menyampaikan, kedatangannya karena penasaran dengan keberadaan pantai yang dianggapnya masih baru. Mereka mengetahui adanya pantai melalui kabar dari teman-temannya serta jejaring sosial.

Tak hanya datang dari lokal Gunungkidul saja, dari nomor plat kendaraan yang ada banyak di antarannya datang dari wilayah Yogya dan sekitarnya. “Penasaran, dikasih tahu teman katanya ada pantai baru,” ujar salah satu pengunjung dari Yogya.

Saat ini wisatawan yang datang hanya akan dikenakan biaya parkir kendaraan saja dengan tarif Rp 2000. Sejumlah pemuda Karang Taruna Padukuhan Bedalo berinisiatif memberikan jasa parkir sejak pantai ini ramai dikunjungi pada hari libur.

“Uangnya selain dibagi kepada seluruh penjaga parkir sebagai ganti uang lelah juga disisihkan untuk kas Karang Taruna. Rencananya buat mengadakan pentas hiburan,” kata Sujaryanto, salah satu pemuda, Minggu, (15/2/2015).

Terpisah, ketika ditanya terkait pengelolaan termasuk di antarannya penarikan retribusi wisata dan penentuan nominal tarifnya, pihak Kecamatan Saptosari belum bisa memberikan jawaban. Bahkan sekedar perkiraan waktu saja pihaknya belum bisa memastikan.

Hal tersebut disebabkan karena banyak agenda pekerjaan lain terkait program pelaksanaan MP3KI yang segera habis tenggat waktunya. “Masih lama, belum ada perkiraan waktu,” kata Suhut Hudi, penanggung jawab PNPM MP3KI Kecamatan Saptosari. (Kandar).

Komentar

Komentar