Masjid Pinggir Jalan Siap Jadi Tempat Mampir Wisatawan

oleh -
iklan dispar

PATUK, kabarhandayani.– Berbagai upaya dilakukan untuk membuat wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul merasa nyaman dengan fasilitas yang disediakan. Tempat-tempat yang diperkirakan akan disinggahi untuk istirahat pun dibenahi dan dibersihkan.
Diantaranya masjid-masjid yang ada di sepanjang jalan Jogja-Wonosari, tepatnya di wilayah Kecamatan Patuk. Seluruh masjid yang ada di pinggir jalan raya melakukan pembersihan terutama toilet.
“Pembersihan masjid ini dijadwalkan pada hari Jumat tiap akhir bulan tetapi menjelang libur lebaran, digiatkan untuk membuat wisatawan atau pemudik yang mampir untuk ibadah atau melepas lelah,” jelas Haryo Ambar, Camat Patuk pada Jumat (25/7/2014).
Pembersihan nampaknya telah dilakukan oleh pengurus masjid Al Huda, Patuk. Masjid terakhir paling barat Kecamatan Patuk ini sudah siap menjadi tempat persinggahan para wisatawan.
Menurut penuturan Maryono, pengurus Masjid Al Huda, ketika bukan musim liburan pun masjid ini sering disinggahi orang. Pasalnya, masjid tepat terletak di sisi jalan dengan suasana lingkungan masjid yang teduh. Terlebih, ada sumber mata air atau belik yang berlimpahan air.
Hal yang sama nampak terlihat di Masjid Madinah Al Munawaroh. Masjid yang sering menjadi pusat kegiatan keagamaan di wilayah Patuk ini nampak bersih.
Tarto, pengurus masjid Madinah Al Munawaroh mengungkapkan, banyak orang yang mampir di masjid ini, terutama orang yang berkendara dari arah Jogja menuju Gunungkidul. Pembersihan pun dilakukan agar para pengunjung merasa nyaman. Pembaharuan pagar juga dilakukan untuk mempercantik lingkungkan masjid.
“Pembersihan dilakukan setiap Jumat pagi oleh para jamaah. Sedangkan saya yang diminta untuk melakukan pembersihan setiap harinya,” pungkas Tarto. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar