Mahasiswa UGK Beri Pendampingan Pengembangan Desa Wisata Kalurahan Genjahan

oleh -
Penerjunan mahasiswa KKN UGK di Genjahan, Ponjong, Gunungkidul. (KH)
iklan dispar

PONJONG, (KH),— Selama sekitar 1 bulan 10 mahasiswa Universitas Gunung Kidul (UGK) akan melakukan pendampingan di Kalurahan Genjahan, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Pendampingan dilaksanakan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Wakil Rektor I UGK Dr. Ir. Utami Agus Yulianti, M.P., mengatakan, penerjunan mahasiswa memiliki agenda utama menjalankan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis pada program kerja unggulan serta sinergi pelaksanaan Program Pendampingan Desa Wisata.

“Seluruh mahasiswa KKN diharapkan menjadikan kegiatan ini sebagai wahana transfer ilmu serta mengimplementasi apa yang diperoleh saat perkuliahan ke dalam kehidupan sosial bermasyarakat,” ungkap Utami, Senin, (17/8/2020)

Kalurahan Genjahan merupakan desa mitra pada Program Pendampingan Desa Wisata.

Ketua Program Pendampingan Desa Wisata, Catarina Wahyu Dyah Purbaningrum, S.E., M.Pd., mengungkapkan bahwa Program Pendampingan Desa Wisata adalah kerja sama antara Kemenparekraf dan UGK dengan tujuan untuk menjadikan Kalurahan Genjahan sebagai Desa Wisata yang mampu bersaing.

Dalam proses pelaksanaanya, program ini tidak hanya melibatkan mahasiswa KKN Tematik UGK tetapi juga tim pengabdian masyarakat UGK. “Mahasiswa KKN diharapkan dapat membantu proses penggalian potensi desa lebih jauh dengan harapan dapat tercipta inovasi-inovasi yang “fresh” untuk menjadikan Genjahan sebagai Desa Wisata,” tegas Catarina.

Dalam kerangka Program Pendampingan Desa Wisata, Genjahan akan dipromosikan dengan tagline “Negerinya Para Leluhur” dimana poros utamanya adalah wisata budaya. Hal ini dikarenakan kentalnya budaya yang ada di Genjahan serta sejarah yang melatarbelakanginya. Salah satunya sebut saja makam Bupati I Gunungkidul, Mas Temanggung Pontjodirdjo. Tentu saja hal ini dapat menjadi daya tarik yang potensial dimana faktanya cikal bakal pemimpin Gunungkidul berasal dan dikebumikan di Genjahan.

Menurut Catarina, terdapat potensi-potensi lainnya yang masih sangat butuh untuk di “expose” agar Genjahan semakin dikenal dan diminati wisatanya.

Lurah Genjahan, Agung Nugroho, S.E. berharap mahasiswa dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan desa dan mengambil manfaat dari kegiatan tersebut. Dirinya mengaku sepakat mengangkat desa wisata menggunakan daya tarik ‘asal usul’ tokoh penting awal mula pemerintahan Gunungkidul.

“Semoga sinergi yang terjalin membawa kemajuan desa kami,” harap Agung Nugroho. (Kandar)

Komentar

Komentar