Mahasiswa KKN UIN di Jetis Saptosari Gelar Kegiatan Perpisahan

oleh -
iklan dispar

SAPTOSARI, kabarhandayani,– Mahasiswa KKN UIN Yogyakarta mengadakan acara perpisahan dengan masyarakat Desa Jetis, Sabtu (30/8/14). Acara dimulai sejak siang hingga malam dengan bertempat di pelataran salah satu sekolah di desa setempat.
Acara yang bertajuk Peran Pemuda Dalam Membentuk Masyarakat Madani ini terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan, seperti yang disampaikan Maulana Arif Hidayat, Koordinator Mahasiswa KKN Desa Jetis. Beberapa kegiatan meliputi: pameran karya mahasiswa bersama masyarakat, gelar baca buku gratis (Jetis Membaca) dengan dukungan Mobil Pintar dari KPAD Gunungkidul, pembagian hadiah lomba, serta diakhiri pengajian akbar.
Sebelumnya, sebanyak 53 mahasiswa UIN selama kurang lebih dua bulan telah melaksanakan KKN yang terbagi menjadi 6 kelompok di tiap padukuhan se-Desa Jetis. Mereka mempraktekkan ilmu yang telah didapat di bangku perkuliahan, kemudian hasilnya dipamerkan pada acara perpisahan tersebut. “Kita pamerkan hasil karya kami bersama masyarakat, di antarannya, permen tape, kue kacang, puding jagung, seni kaligrafi, pembuatan kotak pensil dari bahan bekas,” dan lainnya, jelas Arif.
Suryadi, selaku seksi acara menambahkan, terselenggaranya kegiatan ini tak lepas berkat dukungan berbagai pihak. “Beberapa dukungan terhadap pelaksanaan program KKN dan pada acara perpisahan yang digelar kita dapatkan dari swasta dan pemerintah,” terangnya.
Ia merinci bentuk dukungan pada pelaksanaan acara seperti: dari penerbit Diva Press berupa 50 eksemplar buku, KPAD Gunungkidul menghadirkan mobil pintar, kemudian dalam program KKN melalui proposal dukungan berupa dana dan barang datang dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Bazda, Kantor Kemenag Gunungkidul, Pemda, dan lainnya.
“Minat baca warga masih rendah, ke depan semoga mereka lebih gemar lagi untuk membaca,” harapnya. Warga terlihat antusias dengan acara yang digelar. Tampak ratusan anak dan dewasa memadati lokasi acara. Setelah rangkaian acara berlangsung, terakhir sebelum penutupan dilengkapi dengan pengajian akbar oleh Drs Supardi MSi. (Kandar/Jjw)

Komentar

Komentar