Lomba Ketangkasan Mampu Pacu Semangat Anak

oleh -
iklan dispar

PATUK, kabarhandayani.– Banyak cara untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1944 H. Salah satunya adalah kegiatan yang diadakan oleh para pemuda di balai Padukuhan Jatikuning, Desa Ngoro-oro Kecamatan Patuk, pada Minggu (22/6/2014). Para pemuda yang tergabung dalam Remaja Islam Masjid (Risma) Muttaqiin menggelar berbagai macam perlombaan ketangkasan untuk anak-anak dan remaja yang ada di padukuhan tersebut.

Terdengar teriakan sorak gembira puluhan anak-anak berusia sekitar 3 tahun hingga para remaja berusia 18 tahun yang memenuhi ruangan dan halaman balai padukuhan tersebut. Nampak mereka sangat antusias dan riang gembira memainkan bola dalam lomba voli plastik dan nampak pula para pemuda yang menyiapkan alat-alat untuk perlombaan lainnya.

Didik Irvan Issananto, koordinator pelaksana kegiatan menjelaskan, acara ini diadakan untuk memacu semangat anak-anak dalam menyambut bulan Ramadhan. “Kami tidak ingin adik-adik kami ikut-ikutan kegiatan yang kurang bermanfaat seperti merokok dan cenderung kepada perilaku yang negatif, dan salah pergaulan hingga meresahkan masyarakat dan juga membawa dampak buruk untuk mereka pribadi,” jelasnya.

Didik menyatakan, terdapat sekitar 50 anak dan remaja yang ikut dalam kegiatan ini. Perlombaan yang diadakan di antaranya voli plastik, tangkap air, pecah air dan mengambil koin. Menurut Didik, lomba-lomba tersebut dipilih berdasarkan kemauan anak-anak, sehingga anak-anak pun mengikuti kegiatan tersebut dengan semangat. Kegiatan tersebut juga melatih keaktifan, ketangkasan dan meningkatkan keakraban serta kekompakan.

Didik menjelaskan, selain lomba ketangkasan, nanti ketika sudah memasuki bulan puasa, anak-anak akan mengikuti lomba keagamaan. “Ini adalah kegiatan rutin dalam menyambut bulan puasa, hadiahnya berupa alat tulis dan pakaian yang akan kita serahkan pada akhir bulan puasa saat takbir. Selain lomba keagamaan yang meningkatkan semangat, nanti juga akan dilaksanakan lomba keagamaan guna meningkatkan akhlak anak-anak,” harapnya. (Mutiya/Jjw).

Komentar

Komentar