Lampu Hias Percantik Jalan di Bulan Puasa

oleh -
kadhung tresno

NGLIPAR, kabarhandayani.– Ada banyak cara dalam menyambut bulan Ramadhan. Salah satunya adalah warga Padukuhan Kwarasan, Desa Kedungkeris, Kecamatan Nglipar yang menyambut bulan puasa dengan memasang lampu hias di sepanjang jalan raya.

Nampak puluhan batang bambu berjejer di sepanjang jalan yang menghubungkan Kecamatan Nglipar dan Wonosari. Lampu hias warna-warni tersebut direnteng dan dihubungkan dengan kabel lalu dililitkan pada sebatang bambu.

Berdasarkan penuturan Mui (50), salah satu warga Padukuhan Kwarasan, pemasangan lampu hias tersebut dalam rangka memeriahkan bulan puasa. Lampu hias tersebut akan dipasang hingga nanti bulan Agustus. “Selain untuk memeriahkan bulan puasa juga nanti dalam rangka menghias desa menyambut 17-an,” ungkapnya sambil memasang lampu pada Senin (1/7/2014).

Mui menjelaskan, pemasangan lampu ini atas inisiatif dan kesepakatan para warga untuk memasang satu lampu pada setiap rumah. Berdasarkan keterangan Mui, setidaknya ada 40 rumah yang terletak di sepanjang jalan Nglipar-Wonosari di Padukuhan Kwarasan.

Biaya untuk membeli lampu-lampu ini pun dikeluarkan dari kocek masing-masing pemilik rumah. “Dananya pribadi tapi kita serentak memasang lampu hias ini. Biasanya jalanan ini kan gelap jadi dapat memberi penerangan,” ungkapnya.

Selain lampu hias yang dililitkan pada bambu, para warga juga memasang lampu yang dibentuk dengan berbagai macam seperti bintang, lingkaran dan sebagainya. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar