Lampion ini Tembus Pasar Luar Negeri

oleh -
iklan dispar

KARANGMOJO, kabarhandayani.– Kerajinan berupa lampion dan kap lampu sukses menjelajahi pasar asing Eropa, Asia dan Afrika. Yakni Tugiyanto Wonosari yang sukses dengan bisnis Lampionnya.
Tugiyanto menjelaskan, usaha yang dikembangkan selama 10 tahun di Padukuhan Ngringin, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo ini dalam waktu sehari dapat memproduksi 200 buah Lampion dan kap lampu dibantu 6 karyawannya. Untuk harga Tugiyanto mematok mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu  per kap Lampu tergantung bentuk dan bahannya.

“Setelah sukses di pasaran lokal, kami mencoba mengenalkan produk kami ke luar negeri dan hasilnya, beberapa negara menerima produk kami,” katanya Sabtu, (12/07/2014)

Kepada KH, Tugiyanto menambahkan jika saat ini usaha yang dikembangkannya sedang fokus meraba pangsa pasar Luar negeri. “Saat ini kami fokus untuk pesanan dari Negara Belanda dan Nigeria yang memesan banyak untuk keperluan perhotelan,” imbuhnya. 

Saat ditanya penghasilan Tugiyanto urung menyebutkan nominalnya. “Yang Jelas kami sudah bisa membangun rumah, punya kendaraan dan mempunyai 6 karyawan,” tambahnya.

Tugiyanto tidak hanya mendapat keuntungan pada bisnis yang Ia jalani di sisi lain dia juga membantu masyarakat sekitar untuk mendapatkan lapangan kerja.

Salah satu karyawan Tugiyanto mengungkapkan bahwa usaha yang dikembangkan Tugiyanto sangat membantu warga sekitar. Pasalnya masih banyak sekali teman-teman yang membutuhkan pekerjaan.  “Tadinya saya dan kakak saya bingung mau kerja dimana, namun kami diajak Pak Tugiyanto untuk bergabung di dalam usaha lampionnya,” kata Agus warga Padukuhan Ngringin, Desa Bejiharjo. (Atmaja/Hfs)

Komentar

Komentar