Korban Bencana Dibantu agar Bangkit

oleh -
Penyerahan bantuan untuk korban bencana. Foto: Juju
kadhung tresno
Penyerahan bantuan untuk korban bencana. Foto: Juju
Penyerahan bantuan untuk korban bencana. Foto: Juju

WONOSARI, (KH)— Sebanyak 17 korban bencana yang terdapat di 9 kecamatan di Gunungkidul telah diberikan stimulus agar kembali bangkit beranjak dari situasi kebencanaan. Jumlah bantuan stimulus yang diterima masing-masing KK tidak sama, tetapi disesuaikan  situasi kebencanaan yang dihadapi.

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Budhi Harjo mengatakan, hingga awal Desember, ada 143 kejadian bencana yang terjadi di Gunungkidul. Bencana tersebut meliputi tanah longsor 36 kejadian, kebakaran 24 kejadian, dan angin kencang 78 kejadian.

“Bantuan yang diberikan pada korban tidak sama. Kita sesuaikan dengan jumlah kerugian dan jenis bencana. Saat ini, jumlah bantuan terendah Rp 500.000 dan terbanyak Rp 5 juta,” katanya, usai menyerahkan bantuan kepada korban bencana di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Kamis (18/12/2014).

Sementara Bupati Gunungkidul, Hj Badingah SSos dalam kesempatan ini berharap agar para penerima bantuan tidak melihat jumlah bantuan yang diberikan. Bupati juga mengharap pada korban bencana termasuk warga yang selama ini tinggal di daerah rawan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Jumlahnya memang tidak seberapa. Ini bukan ganti rugi, namun salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Gunungkidul,” katanya. (Juju)

Komentar

Komentar