Kirab Budaya Puncak Harlah SMA Negeri 1 Semin

oleh -
iklan dispar

Semin,(KH) — Kemeriahan sangat tampak di acara kirab budaya dalam rangka hari ulang tahun SMA Negeri 1 Semin yang ke-31, Jumat (07/11/2014). Berbagai macam properti mulai dari peralatan musik, peralatan olahraga, peralatan pertanian, peralatan kesehatan dan replika seperti mobil perpustakaan, pesawat, kabah dan peralatan lainnya menambah semarak kirab budaya tersebut.

 

Para siswa terlihat menikmati peran mereka masing-masing mulai dari dokter, guru, tokoh agama, polisi, anak sekolah dan peran lainnya. Para guru, karyawan dan komite sekolah juga tak mau kalah dengan aksi siswa-siswinya. Mereka menggunakan pakaian adat jawa atau pakaian kejawen dan tengah asyik juga menikmati perannya.

 

Suyatno, Waka Urusan Sarana Prasarana SMA Negeri 1 Semin mengatakan, bahwa kirab budaya tersebut diikuti sekitar 700-an peserta baik dari siswa, guru, karyawan dan komite sekolah.

 

“Semua warga sekolah ikut memeriahkan. Perjalanan kirab sekitar 2,5 kilometer dan memakan waktu sekitar 2 jam. Anak-anak kami sangat antusias dan hal ini sebagai acuan dan penyemangat untuk lebih memeriahkan kirab budaya di tahun selanjutnya,” jelasnya.

 

Terik matahari dan keringat yang bercucuran tak menyurutkan langkah mereka, apalagi masyarakat juga sangat terhibur.Tak hanya menghibur saja, tapi kirab budaya tersebut diharapkan memberikan pembelajaran kepada masyarakat bahwa budaya yang dimiliki oleh masyarakat sangat menakjubkan dan harus dilestarikan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Semin, Drs. H. Bambang Purwadi.

 

“Ketika keanekaragaman budaya ini dikemas dalam sebuah kirab, ternyata sangat menakjubkan. Kita bisa melihat kekayaan dan keanekaragaman budaya yang kita miliki, dari kirab budaya tersebut. Harapannya dengan kirab ini bisa membangkitkan semangat para siswa dan masyarakat untuk menghargai dan melestarikan kekayaan budaya yang kita miliki,” harapnya.

 

Setelah kegiatan kirab budaya semua warga sekolah berkumpul di halaman SMA Negeri 1 Semin. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon. Tak ketinggalan doa bersama untuk kejayaan SMA Negeri 1 Semin pun dilantunkan dalam perjalanannya yang ke-31 tahun. (Sidik/Tty)

Komentar

Komentar