Kethoprak Pelajar Gunungkidul Bakal Tampil di Taman Budaya

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, kabarhandayani,– Paguyuban kethoprak pelajar dan mahasiswa Gunungkidul saat ini sedang mempersiapkan diri untuk sebuah pementasan kethoprak kolosal di Taman Budaya Yogyakarta. Paguyuban yang menamakan Forum Kethoprak Pelajar Gunungkidul (FKP GK) asuhan Gondhol Sumargiyono ini akan tampil pada tanggal 21 Agustus 2014.
Menurut salah satu pengurus FKP GK, Cristian Mahendrata, FKP GK telah menjaring pemeran tambahan sejak awal Juli 2014 untuk pementasan tersebut. Sejumlah 80 pemeran telah dipersiapkan untukĀ  pementasan di Taman Budaya nanti.
“Saat ini kita baru persiapkan teknis pelaksanaan, karena masih menunggu kesiapan tim produksi. Latihan kemungkinan baru akan dilaksanakan awal bulan Agustus,” jelas Mahendrata, Minggu (20/7/2014).
Mahasiswa UNY Jurusan Pendidikan Bahasa Jawa ini melanjutkan, event kethoprak kolosal di Taman Budaya tersebut diprakarsai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DIY dalam rangka pengembangan dan pelestarian budaya Jawa, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa. Acara ini juga sebagai salah satu rangkaian Festival Kesenian Yogyakarta (FKY).
“Para pemeran rata-rata merupakan pemain lama dan ditambah beberapa pemain yang baru saja diterima kemarin. Mereka pernah pentas di ajang FKY, juga pentas dalam kethoprak peringatan HUT Gunungkidul tahun 2013,” lanjutnya.
Pelajar terbanyak yang ikut dalam teater kethoprak pelajar ini, menurut Mahendra, adalah para pelajar dari SMA 1 Wonosari, SMA 2 Wonosari, SMA 1 Karangmojo, serta dari 3 SMK yang ada di Wonosari, “Rata-rata mereka telah memiliki bakat dan kemauan. Bagi pemeran baru, nanti pasti akan dilatih agar bisa saling melengkapi,” tandasnya.
Tempat latihan FKP GK akan dipusatkan di Pendopo Sewaka Praja. Guna meningkatkan bakat dan rasa cinta terhadap seni kethoprak, FKP GK juga telah mempersiapkan wacana “Workshop Kethoprak” bagi pelajar dan masyarakat umum Gunungkidul yang akan digelar sekitar akhir September 2014.(Maryanto/Tty)

Komentar

Komentar