Kesadaran warga dalam program bedah rumah Saminah

oleh -
Tampak rumah yang belum terpasang jendela dan pintu. Foto: Atmaja.
iklan dispar
Tampak rumah yang belum terpasang jendela dan pintu. Foto: Atmaja.
Tampak rumah yang belum terpasang jendela dan pintu. Foto: Atmaja.

PONJONG, (KH) — Kesadaran untuk membantu sesama terlihat pada program bedah rumah milik Saminah warga Padukuhan Sanggrahan, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong.

Warga sekitar rumah Saminah yang mendapatkan program bedah rumah dari Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG), berinisiatif untuk membantu lebih lanjut dalam melengkapi kelengkapan rumah milik Saminah. Rumah Saminah saat ini sudah mencapai tahap penyelesaian terakhir dengan pemasangan jendela dan daun pintu.

Margono, tetangga Saminah mengatakan, bantuan yang diberikan oleh warga sekitar beragam. Menurutnya bantuan yang diberikan kepada Saminah sangatlah tepat. Kondisi ekonomi dari keluarga sangat tidak memungkinkan untuk membangun kembali rumahnya.

“Kami sepakat untuk menyelesaikan perbaikan rumah hingga benar-benar dapat ditempati dengan nyaman,” ucapnya.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan oleh warga dalam bentuk material, seperti penggantian atap yang semula memakai bambu kini menggunakan kayu untuk kerangkanya. Bantuan lainya berupa jendela milik warga yang masih bisa digunakan untuk dapat dipasang di rumah Saminah.

Rencananya, setelah program IKG terselesaikan, warga akan melanjutkan pekerjaan dengan membuat lantainisasi, pembuatan kamar dan pemberian Jamban. Diketahui, keluarga Saminah belum mempunyai Jamban, sehingga Saminah bersama keluarga harus pergi ke belakang sungai jika hendak buang air besar.

Margono mengungkapkan, agar Saminah dan keluarga dapat merasakan ikut membangun rumahnya, warga memberikan kesempatan kepada keluarga Saminah, jika memiliki rejeki untuk sekedar membeli paku maupun hidangan. “Hal ini dilakukan agar keluarga juga merasa ikut berusaha dalam memperbaiki rumahnya,” ungkap Margono.

Sementara itu, Murdiono yang juga tetangga Saminah mengatakan, warga akan tetap berusaha semaksimal mungkin untuk melengkapi kelengkapan rumah Saminah. Untuk biaya yang diberikan dari warga, Murdiono mengaku, masing-masing warga memberikan bantuan dengan uang pribadi yang kemudian dikumpulkan.

“Kami, warga Sanggarahan memberikan bantuan dengan harapan warga Sanggrahan dapat hidup nyaman layaknya warga yang lainnya,” tandas Murdiono. (Atmaja)

Komentar

Komentar