Keluarga Dan Warga Gagalkan Tindakan Bunuh Diri

oleh -
Ilustrasi gantung diri. Sumber: internet.
iklan dispar
Ilustrasi gantung diri. Sumber: internet.

WONOSARI, (KH),– Salah satu warga di Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, W (38) berhasil diselamatkan dari tindakan percobaan bunuh diri, Selasa, (2/10/2018) malam.

Peristiwa tindakan percobaan mengakhiri hidup yang terjadi sekitar pukul 17.30  WIB tersebut diketahui oleh istri W.

Bhabinkamtibmas Desa Baleharjo, Aipda Aris Priya, mengatakan, bersama beberapa unsur termasuk Bhabinsa dan perangkat desa setempat telah mendatangi lokasi percobaan bunuh diri. Selain untu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pasca diketahuinya percobaan bunuh diri, ia kemudian juga  memberikan himbauan mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Pelaku memang sering mengurung diri di kamar. Berdasar keterangan keluarga, kebiasaan tersebut akibat depresi serta mengaku ketakutan,” terangnya.

Sebelum kepergok oleh istri hendak gantung diri di kamar, pelaku telah berada di dalam cukup lama. Gerak-gerik yang berbeda nampaknya membuat istri W waspada. Curiga suaminya tidak lekas ke luar ia lantas melakukan pengecekan.

Kaget bukan main, W telah menyiapkan tali. Sontak dirinya memanggil anggota keluarga dan tetangga terdekat. Peristiwa W hendak memutus nyawanya sendiri tersebut berhasil digagalkan.

Untuk selanjutnya, W dibawa berobat ke rumah sakit di Yogyakarta untuk memulihkan kondisi psikisnya yang mengalami goncangan.

Aipda Aris berpesan, keluarga agar selalu mengawasi pelaku agar upaya percobaan tidak terjadi lagi. Keluarga hendaknya juga tidak membiarkan korban menyendiri.

“Selalu upayakan pendekatan dan membimbing pelaku serta perlahan berikan motivasi,” tukas Aipda Aris. (Kandar)

Komentar

Komentar