Kecamatan Semanu Berniat Membuat Wisata Kebun Buah

oleh -
kadhung tresno

kebun-buah-SEMANU, (KH) — Kecamatan Semanu akan membuat destinasi pariwisata dengan konsep wisata kebun buah. Hal ini disampaikan oleh Camat Semanu, Wastana di kantor Kecamatan Semanu, Senin (12/1/2015).

Setelah melakukan studi Agrowisata di Magelang pada hari Sabtu (10/1) lalu, pihak Kecamatan dan jajaran perangkat Desa Semanu sepakat untuk membuat sebuah destinasi wisata kebun buah. “Tujuan studi argowisata tersebut, baik perangkat Desa maupun staf Kecamatan mendapatkan ilmu, mulai dari cara penanaman hingga perawatan pohon yang sudah besar,” katanya.

Seluruh Kades dan pegawai Kecamatan Semanu diajak untuk dapat belajar bersama dalam studi argowisata tersebut.  Wisata kebun buah diharapkan mampu mendukung sektor pariwisata di Kecamatan Semanu.

Ia mengungkapkan, konsep wisata buah tersebut sudah mulai dirintis oleh Desa Pacarejo, Dadapayu dan Ngeposari.
“Rencananya, masing-masing Desa mempunyai satu destinasi wisata kebun buah,” ujar Wastana.

Lebih lanjut Ia memaparkan, untuk buah yang akan ditanam adalah buah kelengkeng dan jambu air madu dewi. “Sesuai yang didapat dari studi argowisata, jambu air madu dewi sudah bisa berbuah dalam waktu satu tahun,” paparnya.

Dari kebun buah tersebut, diharapkan dapat menghasilkan buah yang khas, seperti apel malang buah khas kota Malang. “Jika kota Malang bisa menghasilkan apel malang, kenapa tidak mungkin Semanu juga mempunyai kelengkeng dan jambu air khas Semanu,” jelasnya.

Ia berharap, wisata kebun buah tersebut mampu membantu perekonomian warga Semanu. “Wisata kebun buah diharapkan mampu menjadi obyek wisata yang berbeda, Objek wisata yang memanjakan pengunjung untuk memetik buah yang masih segar dan menikmati buah tersebut,” pungkas Wastana. (Atmaja)

Komentar

Komentar