Karang Taruna Desa Bejiharjo Lolos 15 Besar Nasional

oleh -
iklan dispar

KARANGMOJO,(KH),– Setelah melalui evaluasi tingkat nasional di Jakarta pada tanggal 13-17 Oktober lalu yang diikuti wakil Karang Taruna dari 32 provinsi, diperoleh kepastian bahwa Karang Taruna Taruna Bejiharjo lolos seleksi lanjutan 15 Besar Nasional. Kepastian lolos 15 besar nasional tersebut disampaikan Ketua Karang Taruna Bejiharjo Yudan Hermawan kepada KH, Kamis malam (23/10).
“Kami telah dikabari dari Tim Penilai Kemensos agar Karang Taruna Bejiharjo mempersiapkan diri. Tim Penilai Pusat akan melakukan kunjungan dan verifikasi kegiatan riil di lapangan pada Senin yang akan datang (27/10),” ujar Yudan.
Yudan juga menginformasikan, pihaknya telah menyampaikan lolos 15 besar nasional tersebut ke Dinas Sosial Pemda DIY, Pemkab Gunungkidul, dan Pemdes Bejiharjo. Pihaknya terus berkoordinasi untuk persiapan dan penyambutan Tim Penilai Pusat yang akan berkunjung ke Desa Bejiharjo minggu depan.
“Fokus utama yang kami presentasikan di Jakarta adalah kegiatan pemberdayaan ekonomi warga muda Desa Bejiharjo dan partisipasi warga muda dalam pendidikan di desa kami. Karena itu Tim Penilai Pusat akan melihat dan membuktikan langsung kegiatan yang telah dikembangkan anak-anak muda di desa kami tersebut,” papar Yudan.
Subyek kegiatan Karang Taruna Bejiharjo yang akan ditinjau adalah: sentra industri kerajinan blangkon di Padukuhan Bulu, sentra industri kerajinan tas di Padukuhan Grogol IV, kegiatan pemberdayaan pemuda melalui Pokdarwis Wirawisata Goa Pindul, dan kegiatan lainnya.
“Untuk menyambut Tim Penilai, kami juga akan menyuguhkan pentas kesenian Reog Muda Budaya dari Padukuhan Ngringin. Reog ini sebagian besar pegiatnya adalah anak-anak muda anggota Karang Taruna dari Padukuhan Ngringin,” imbuh Yudan.
Yudan menjelaskan, dalam presentasi nasional di Jakarta beberapa waktu lalu, pihaknya memaparkan kegiatan yang dilakukan pemuda dan masyarakat di desanya secara apa adanya. “Kami menyerahkan sepenuhnya kepada Tim Penilai Pusat. Biarlah mereka melihat dan menilai apakah kami nantinya layak lolos dalam 5 besar nasional. Apapun hasilnya justru menjadi semangat agar kami berkiprah lebih baik. Karena itu, kami mohon doa restu dari seluruh masyarakat Gunungkidul dan DIY agar mampu mengemban amanah mewakili Karang Taruna DIY ini,” pungkasnya. (Bara/Jjw, Foto: Vicentia Marisa).

Komentar

Komentar