Kabupaten Gunungkidul Raih Tiga Penghargaan Nasional

oleh -
Bupati berfoto sesaat setelah penerimaan penghargaan. foto: Humas Bidang IKP.
iklan dispar
Bupati berfoto sesaat setelah penerimaan penghargaan. foto: Humas Bidang IKP.

GUNUNGKIDUL, (KH), — Kabupaten Gunungkidul kembali meraih prestasi di tingkat nasional sekaligus. Ketiga penghargaan diantaranya; Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA), Penghargaan atas Percepatan Cakupan Pemberian Akta Kelahiran Anak Tahun 2017, dan Penghargaan atas Upaya Pencegahan Perkawinan Anak Tahun 2017.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Yohana Yembise kepada Bupati Hj. Badingah, S.Sos., di Hotel Swiss-Belinn Pekanbaru, Riau, Sabtu (22/7) malam, pada rangkaian acara dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2017.

Disampaikan Seksi Hubungan Masyarakat, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika, Etni Priskila Saweho, SSos, penghargaan Kabupaten Layak Anak diberikan kepada kabupaten yang mempunyai Sistem Pembangunan Berbasis Hak Anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha secara terencana, menyeluruh  dan berkelanjutan.

“Hal ini diimplementasikan dalam kebijakan, program, dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak, dengan tujuan membangun inisiatif Pemkab yang mengarah pada upaya transformasi konvensi hak anak dari kerangka hukum ke dalam definisi, strategi, dan intervensi pembangunan untuk memenuhi hak anak,” paparnya.

Upaya memenuhi hak dan melindungi anak dilaksankan dengan satu kelembagaan dan lima kluster hak anak, yaitu  hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan,  pendidikan, dan pemahaman  perlindungan khusus.

Berkaitan dengan kepedulian terhadap anak, Gunungkidul selain meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak Tahun 2017, juga pernah meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2016, Penghargaan Data Forum Anak (DAFA) peringkat II Nasional Tahun 2016, dan Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) pada Tahun 2015 dan Tahun 2016.

Kabupaten Gunungkidul merupakan satu-satunya daerah yang mendapatkan tiga penghargaan sekaligus. Bupati Hj. Badingah, S.Sos., pada kesempatan penganugerahan Kabupaten Layak Anak didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD), Sujoko, S.Sos., M.Si.

Melalui sambungan telepon, Badingah mengaku sangat berbahagia dan bersyukur atas capaian predikat Kabupaten Layak Anak serta dua kategori penghargaan lainya. “Saya berharap agar prestasi ini dapat memotivasi semua stakeholder di Kabupaten Gunungkidul untuk semakin meningkatkan upaya-upaya pemenuhan hak-hak anak dan perlindungan anak,” harapnya. (Kandar)

Komentar

Komentar