Jemaat Gereja Pulutan Laksanakan Ibadah Minggu Palma

oleh -
Umat Gereja Katolik Pulutan merayakan Minggu Palma. Foto: Kandar.
iklan dispar
Umat Gereja Katolik Pulutan merayakan Minggu Palma. Foto: Kandar.
Umat Gereja Katolik Pulutan merayakan Minggu Palma. Foto: Kandar.

WONOSARI, (KH)— Jemaat Gereja St Ignatius Loyola Pulutan mengawali pekan suci dengan melaksanakan perayaan Minggu Palma, Minggu, (29/3/2015).

Gathot, salah satu panitia memberikan keterangan kepada KH, Perayaan Minggu Palma untuk mengenang Yesus yang memasuki kota Yerusalem dan dielu-elukan oleh khalayak ramai dengan membawa daun palma. Konon, daun palma merupakan simbol kemenangan dan sering digunakan untuk menyatakan kemangan para martir.

“Maka, kalau sekarang kita menggunakan daun palma, itu karena kita menyongsong kemartiran Kristus yang mendatangkan kemenangan atas dosa dan kematian,” terang Gathot.

Sebelum melaksanakan peribadatan di gereja, seluruh umat mengadakan arak-arakan yang dimulai dari SD Kanisius Pulutan. “Sekitar 700 umat melakukan arak-arakan pada pukuk 07.00 WIB pagi, lalu melaksanakan peribadatan di gereja yang dipimpin oleh RM Prapto Diharjo SJ,” imbuhnya.

Perayaan juga merupakan rangkaian Paskah, pelaksanaan peribadatan dengan tema “Pangandel kinanthen asih tresna iku sampurna” tersebut berakhir sekitar pukul 09.30 WIB. Suasana peribadatan berjalan khidmad. (Kandar).

Komentar

Komentar