Jelang Hari Raya, Permata Cendekia Belanja Bersama

oleh -
iklan dispar

KARANGMOJO, kabarhandayani.– Yayasan Permata Cendekia Gunungkidul mengadakan bhakti sosial berupa belanja bersama. Acara yang dikemas dalam program Tebar Senyum Ramadhan tersebut digelar pada Minggu (13/6/2014).

Belanja bersama jelang hari raya tersebut menyasar anak-anak yatim dan dhuafa yang tersebar di Gunungkidul. Jumlah penerima manfaat program tersebut sebanyak 200 anak, yang terpilih dan dipandang membutuhkan bantuan.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB tersebut bertempat di Gedung UPT TK dan SD Kecamatan Karangmojo. Setelah upacara pembukaan, anak-anak penerima manfaat tersebut dikumpulkan di Masjid Karangmojo untuk pembagian kupon dan pembagian kelompok.

Dicky Kurniawan, Ketua Yayasan Permata Cendekia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program utama, karena melibatkan banyak pihak. Kegiatan belanja dibagi menjadi tiga tempat. Panitia menyediakan bus untuk mengantar anak-anak menuju tempat belanja.

“Ini merupakan program utama kami. Kegiatan dibagi menjadi tiga tempat, yaitu Diva Swalayan Karangmojo, Ponjong dan Semanu. Kegiatan sudah kami lakukan untuk yang kedua kali. Pada tahun 2013, ada 169 penerima manfaat, dan tahun ini sebanyak 200 penerima manfaat,” jelasnya.

Dicky bersyukur karena banyak pihak yang membantu pelaksanaan kegiatan sehingga bisa berjalan dengan baik. Bahkan dirinya menganggap ada sebuah keajaiban, karena banyak relawan yang datang.

“Sungguh suatu keajaiban karena relawan adalah permasalahan pokok kami. Ternyata dari 50 yang kita targetkan, justru malah ada 70 relawan yang bersedia membantu pelaksanaan kegiatan dengan ikhlas,” tambahnya.

Relawan yang berjumlah 70 orang tersebut bertugas mendampingi anak-anak ketika berbelanja. Pendampingan itu mulai dari memilih barang, menyarankan barang yang baik untuk dibeli, sampai dengan pembayaran dengan kupon.

Pantaun KH di Diva Swalayan Karangmojo, anak-anak tampak begitu antusias memilih barang barang yang akan dibeli. Barang yang dibeli mulai dari baju, makanan, peralatan sekolah, dan kebutuhan sehari-hari. Para pendamping yang rata rata masih belajar di SMA/SMK pun sibuk memilihkan dan menyarankan untuk membeli barang-barang yang bermanfaat.

Dalam kegiatan ini, setiap relawan bertanggung jawab untuk mendampingi tiga sampai dengan lima anak. Setelah berbelanja, raut bahagia tampak mengiasi wajah anak-anak penerima manfaat, karena barang yang diinginkan sudah ada dalam genggamannya.

Abu Apria Yanzuri salah satu penerima manfaat tampak sumringah. Kini barang-barang yang diharapkan telah ada dalam genggamannya. “Ini beli sandal, ikat pinggang, buku, dan roti,” ungkapnya sambil menunjukkan barang yang telah dia beli.

Kegiatan menjelang hari raya yang telah dapat berjalan 2 kali ini diharapkan akan memberikan manfaat dan terus dapat mendorong masyarakat untuk berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Kegiatan bakti sosial yang diprakarsai Yayasan Permata Cendekia ini juga tak luput dari bantuan para donator yang rela menyumbangkan sebagian rejekinya untuk mereka yang membutuhkan. (Sidik/Jjw).

Komentar

Komentar