Jathilan Semin dan Reog Semanu Juarai Festival

oleh -
Group Jathilan Semin sebagai Juara. KH/ Edo
kadhung tresno
Group Jathilan Semin sebagai Juara. KH/ Edo
Group Jathilan Semin sebagai Juara. KH/ Edo

PATUK, (KH)— Grup Jathilan Pospanjala yang berada di bawah naungan Sanggar Pratiwi berhasil menjadi juara dalam ajang “Festival Reog dan Jathil” tingkat Kabupaten Gunungkidul yang berlangsung di Rest Area Bunder.

Atas keberhasilannya tersebut, grup jathil asal Kecamatan Semin ini berhak mewakili Kabupaten Gunungkidul dalam ajang lomba tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan di Kota Yogyakarta.

Ayu Pratiwi, pelatih dan koordinator Sanggar Pratiwi mengatakan, ia tidak menyangka groupnya berhasil menjuarai fertival tingkat kabupaten,  karena sebelumnya ia memang tidak menargetkan juara.

“Sangat bersyukur dan tidak menyangka bisa menjadi juara 1, pasalnya peserta yang lainnya juga tak kalah bagusnya,” jelasnya saat ditemui KH di sela-sela acara, Senin, (9/5/2016).

Sementara itu, Ketua Dewan juri Dr. Gandung Jatmiko M.Pd mengatakan, selama pentas berlangsung ada 5 catatan yang perlu diketahui, di antaranya tata ruang tempat untuk manggungnya, pemilihan warna kostum, isi cerita jathilan yang tidak sesuai, serta karakter pemain jathilan yang dinalai tidak berekspresi.

“Walaupun begitu saya kagum dengan regenerasi para kawula muda yang mau melestarikan jathilan ini,” jelasnya.

Berikut daftar grup peserta yang berhasil menjuarai Festival Reog dan Jathilan tahun 2016 Kabupaten Gunungkidul. Juara 1 diraih Grup Jathilan Pospanjala asal Semin dengan memperoleh nilai tertinggi yaitu 1.325 diikuti oleh Grup Wahyu Turonggo dari Kecamatan Nglipar dengan nilai 865, lalu Turonggo Wido Bedoyo asal Kecamatan Gedasari dengan nilai 855, grup Jathilan Ngesti Bedoyo dari Kecamatan Patuk dengan nilai 830 dan yang terkahir dengan nilai 780 atas nama Grup Turonggo Seto asal kecamatan Purwosari.

Sementara untuk reog juara 1 diraih oleh Grup Reog Mawar 7 Timbul Kencana asal Kecamatan Semanu, juara 2 Paksi Kencana Kecamatan Wonosari, Juara 3 Candra Kirana Kecamatan PLayen, peringkat 4 diraih Krido Putra Manggolo dari Kecamatan Tepus, dan kelima ditempati Sekar Manunggal Rogo dari Kecamatan Panggang. (Edo).

Komentar

Komentar